@mastersthesis{eprints60898, title = {MANAJEMEN PERPUSTAKAAN SEKOLAH BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM LAYANAN PENDIDIKAN}, school = {Universitas Lampung}, author = {1923012027 Alifa Soraya Nuryadika}, year = {2021}, url = {http://digilib.unila.ac.id/60898/}, abstract = {i ABSTRAK MANAJEMEN PERPUSTAKAAN SEKOLAH BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM LAYANAN PENDIDIKAN Oleh Alifa Soraya Nuryadika Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan (1) perencanaan perpustakaan sekolah berbasis TIK dalam layanan pendidikan; (2) pengorganisasian perpustakaan sekolah berbasis TIK dalam layanan pendidikan; (3) pelaksanaan perpustakaan sekolah berbasis TIK dalam layanan pendidikan; dan (4) pengawasan perpustakaan sekolah berbasis TIK dalam layanan pendidikan. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Data penelitian diperoleh dari delapan orang informan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara: (1) wawancara; (2) studi dokumen; dan (3) observasi. Keabsahan data diperoleh dari temuan yang dilakukan dengan uji kredibilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perencanaan perpustakaan sekolah berbasis TIK dalam layanan pendidikan menyesuaian dengan visi, misi, dan tujuan yang ada pada sekolah, menentukan program kerja, pengadaan bahan pustaka, pengelolaan, dan pelayanan yang ada pada perpustakaan; (2) pengorganisasian perpustakaan sekolah berbasis TIK dalam layanan pendidikan yaitu program kerja dilakukan oleh orang yang memiliki keahlian di bidang manajemen perpustakaan; (3) pelaksanaan perpustakaan sekolah berbasis TIK dalam layanan pendidikan dilakukan untuk mencapai sasaran tertentu secara efektif dan efisien; dan; (4) pengawasan perpustakaan sekolah berbasis TIK dalam layanan pendidikan rutin dilakukan setiap tahunnya melalui laporan-laporan dan catatan dari pustakawan. Kata Kunci: manajemen perpustakaan, TIK, layanan pendidikan ii ABSTRACT MANAGEMENT OF INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY BASED SCHOOL LIBRARY IN EDUCATIONAL SERVICES By Alifa Soraya Nuryadika This study aimed to analyze and describe (1) planning of ICT-based school libraries in educational services; (2) organizing ICT-based school library in educational services; (3) actuating of ICT-based school library in educational services; and (4) controlling of ICT-based school library in educational services. The approach used in this research was a descriptive qualitative approach. The research data were obtained from eight informants. Data collection techniques were carried out by: (1) interviews; (2) document studies; and (3) observation. The validity of the data was obtained from the findings by means of a credibility test. The results showed that: (1) ICT-based school library planning in education services was in accordance with the vision, mission, and goals of the school, determining work programs, procurement of library materials, management, and existing services in the library; (2) organizing ICT-based school libraries in educational services, namely work programs carried out by people who have expertise in library management; (3) actuating of ICT-based school libraries in educational services was carried out to achieve certain targets effectively and efficiently; and; (4) contolling of ICT-based school librariy in educational services was routinely carried out annually through notes and reports from librarians. Keywords: management library, ICT, educational services} }