%A ASMAWATI %T MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) MENGGUNAKAN MODEL PENDEKATAN SOSIAL PADA SISWA KELAS VB SD N 1 GUNUNG SULAH KECAMATAN SUKARAME BANDAR LAMPUNG %X Masalah penelitian ini adalah hasil belajar PKn rendah. Adapun permasalahannya apakah hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas VB SDN 1 Gunung Sulah kecamatan Sukarame dapat ditingkatkan menggunakan Model Pendekatan Sosial. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan menggunakan Model Pendekatan Sosial dengan minimal 80 % siswa mendapatkan nilai di atas KKM. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 3 (tiga) siklus. Pada setiap siklus meliputi empat tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu metode tes dan metode observasi. Instrumen penelitian menggunakan tes tertulis pilihan ganda. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif. Hasil pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini menunjukkan fakta bahwa hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dapat ditingkatkan menggunakan Model Pendekatan Sosial pada siswa kelas V B SDN 1 Gunung Sulah. Peningkatan hasil belajar PKn siswa mencapai 93,2 % di atas KKM. Kesimpulan dari penelitian tindakan kelas ini adalah hasil belajar PKn dapat ditingkatkan menggunakan Model Pendekatan Sosial. Saran yang diajukan pada penelitian ini yaitu (1) kepada guru untuk menggunakan Model Pendekatan Sosial pada kompetensi dasar menjelaskan pengertian dan pentingnya peraturan perundang-undangan tingkat pusat dan daerah (2) kepada siswa agar lebih antusias, aktif, dan kreatif dalam kegiatan pembelajaran materi lain. Kata kunci : Meningkatkan hasil belajar PKn, Model Pendekatan Sosial %C Universitas Lampung %D 2011 %I Fakultas KIP %L eprints609