TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints60916 UR - http://digilib.unila.ac.id/60916/ A1 - NURYANTI FRANSISKA MARPAUNG, 1716031035 Y1 - 2021/// N2 - Penelitian kuantitatif ini menguji adakah hubungan antara intensitas penggunaan media sosial dengan resiko bermedia online, kepuasaan bermedia sosial dengan resiko bermedia online, serta hubungan kedua variabel intensitas penggunaan media sosial (X1) dan kepuasan bermedia sosial (X2) dengan resiko bermedia online (Y). Penelitian pada sampel 59 responden dengan tingkat kepercayaan 95% ini menemukan bahwa terdapat hubungan yang tidak signifikan antara intensitas penggunaan media sosial (X1) dan resiko bermedia online (Y) (0,954>0,5/thitung 0,058ttabel 2,002). Uji F kedua variabel bebas terhadap variabel tergantung ditemukan bahwa nilai Fhitung 3,325 > Ftabel 3,15, maka dapat disimpulkan bahwa secara simultan perilaku intensitas Penggunaan Media Sosial (X1) dan Kepuasaan Bermedia Sosial (X2) mempunyai hubungan yang signifikan (r2=82%) dengan Risiko Bermedia Online (Y). Dengan menggunakan teori uses and gratification ditemukan kontradiksi bahwa kendati tingkat penggunaan media (uses) yang rendah, kepuasaan responden (gratification) tetap dapat dicapai sehingga tetap memunculkan adanya resiko dalam bermedia online, hal ini menandakan bahwa kekerasan dalam dunia maya dapat mengancam siapa saja walaupun tidak begitu aktif bermedia online. Kata kunci: media sosial, uses and gratification, resiko bermedia online Aim of this study was to unfold whether there is a relationship between the intensity of social media usage, social media gratification and the risk of online media. As well the correlation both simultaneous independent variables and the dependent one. Respondents of the survey were 59 undergraduate students and been test in 95% confident level. The findings were showed that there was no significant correlation between social media usage(X1) and online media risks (Y) (0,954>0,5/tcount 0,058ttable 2,002). F test for both independent variables against the dependent variable showed that Fcount 3,325 > Ftable 3,15 therefore, in simultaneously, social media usage, and social media gratification had a significant influence (r2=82%) to online media risks behavior. By using uses and gratifications theory, the research showed nevertheless how low social media usage, the satisfaction feelings still among the grasp of its? users thus, the findings reminded us how online abuse behaviors threatening every one of us, in spite how actives we are in using social media. Keywords: social media, uses and gratification, online media risks PB - FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK TI - HUBUNGAN INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN KEPUASAAN BERMEDIA SOSIAL DENGAN RISIKO BERMEDIA ONLINE (Studi pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Angkatan 2017 Universitas Lampung) AV - restricted ER -