%0 Generic %A Nisa Iftita Maharani, 1713021025 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2021 %F eprints:60994 %I FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM %T HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 20 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021) %U http://digilib.unila.ac.id/60994/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara kecerdasan emosional dengan kemampuan pemecahan masalah matematis pada siswa Penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Bandar Lampung Labuhan Dalam Kecamatan Tanjung Senang Kota Bandar Lampung. yang terdistribusi dalam sepulu kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling dan terpilihlah siswa kelas VIII-D. metode penelitian korelasi. Data penelitian berupa data kuantitatif yaitu berupa skor kecerdasan emosional siswa yang diperoleh melalui kegiatan pengisian kuesioner kecerdasan emosional siswa dan skor kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diperoleh melalui kegiatan tes materi Pythagoras. Analisis data menggunakan uji korelasi product moment. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional siswa dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, dengan angka indeks pearson correlation sebesar 0,507. Kata kunci : hubungan, kecerdasan emosional siswa, kemampuan pemecahan masalah matematis.