TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints610 UR - http://digilib.unila.ac.id/610/ A1 - , ATIKA DISNA ANGGRAINI Y1 - 2011/09/23/ N2 - Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran Matematika siswa kelas V SD Negeri 3 Metro Utara, dengan menggunakan alat peraga sebagai salah satu alternatif yang membuat siswa berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika siswa kelas V SD Negeri 3 Metro Utara melalui penggunaan alat peraga. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpul data menggunakan teknik tes dan non tes. Alat pengumpul data dilakukan dengan cara observasi dan tes hasil belajar. Analisis data dalam penelitian ini bersifat kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan alat peraga dalam proses pembelajaran Matematika dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase rata-rata aktivitas siswa pada siklus I (59,34 %), siklus II (72,76 %), dan siklus III (81,97 %) sementara persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebanyak 10 siswa (52,63 %), siklus II sebanyak 14 siswa (73,68 %) pada siklus III sebanyak 18 siswa (94,74 %) dengan rata-rata nilai hasil belajar siswa pada siklus I (6,62), siklus II (7,06), dan siklus III (9,24). Dengan demikian pembelajaran dengan menggunakan alat peraga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 3 Metro Utara. Kata kunci: alat peraga, aktivitas siswa, dan hasil be PB - Fakultas KIP TI - PENGGUNAAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 3 METRO UTARA TAHUN PELAJARAN 2010/2011 AV - restricted ER -