<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGEMBANGAN E-MODULE BERBANTUAN AUGMENTED REALITY \r\nTERINTEGRASI STEM UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN \r\nBERPIKIR KREATIF SISWA"^^ . "ABSTRAK\r\nPENGEMBANGAN E-MODULE BERBANTUAN AUGMENTED REALITY \r\nTERINTEGRASI STEM UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN \r\nBERPIKIR KREATIF SISWA\r\nOleh\r\nReny Widyanti\r\nPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-module berbantuan augmented \r\nreality terintegrasi STEM yang valid, praktis, dan efektif untuk melatihkan \r\nketerampilan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan \r\ndesain pengembangan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analyze, \r\ndesign, development, implementation, dan evaluation. Instrumen pengumpulan data \r\nyang digunakan meliputi angket analisis kebutuhan, angket uji validitas, angket uji \r\nketerlaksanaan, instrumen soal yang sudah diuji kevalidannya, lembar observasi \r\nketercapaian keterampilan berpikir kreatif, dan respon siswa terhadap keefektifan emodule berbantuan augmented reality terintegrasi STEM. Hasil penelitian \r\nmenunjukkan bahwa e-module hasil pengembangan valid, praktis, dan efektif \r\ndigunakan dalam proses pembelajaran untuk melatihkan keterampilan berpikir kreatif \r\nsiswa. Pada uji kevalidan yang telah dilakukan, e-module hasil pengembangan \r\ndinyatakan layak dengan kriteria sangat tinggi. Persentase kelayakan isi sebesar \r\n89,17% dan konstruk sebesar 88,37%. Analisis angket keterbacaan diperoleh hasil \r\npersentase sebesar 89,17% dengan kategori keterbacaan sangat baik, analisis \r\nketerlaksanaan diperoleh rata-rata persentase sebesar 84,44% hal ini mengindikasikan \r\nbahwa e-module yang dikembangkan praktis. Keefektifan dilihat dari adanya \r\npeningkatan nilai N-gain sebesar 0,66 dengan kategori sedang, uji statistik Independent \r\nPaired T test diperoleh nilai signifikansi <0,05 dan analisis hasil respon siswa \r\ndisimpulkan bahwa lebih dari 50% kelompok siswa memberikan respon positif bahawa \r\ne-module yang telah dikembangkan efektif untuk melatihkan keterampilan berpikir \r\nkreatif siswa.\r\nKata Kunci: Augmented Reality, E-module, Keterampilan Berpikir Kreatif, STEM. \r\nABSTRACT\r\nDEVELOPMENT OF E-MODULE ASSIST BY AUGMENTED REALITY \r\nINTEGRATED STEM TO TRAIN STUDENTS' CREATIVE \r\nTHINKING SKILLS\r\nBy\r\nReny Widyanti\r\nThis study aims to develop an e-module assisted by augmented reality integrated \r\nSTEM that is valid, practical, and effective in training student’s creative thinking skills. \r\nThis research uses the R&D method with the ADDIE model development design \r\nconsisting of five stages, namely analyze, design, development, implementation, and \r\nevaluation. The data collection instruments used include a needs analysis \r\nquestionnaire, validity test questionnaire, implementation test questionnaire, \r\ninstrument questions that have been tested for validity, observation sheet for the \r\nachievement of creative thinking skills, and student responses to the effectiveness of emodule assisted augmented reality integrated with STEM. The results showed that the \r\ne-module developed was valid, practical, and effectively used in the learning process \r\nto train student’s creative thinking skills. In the validity test that has been carried out, \r\nthe developed e-module is declared feasible with very high criteria. The percentage of \r\ncontent feasibility is 89.17% and construct is 88.37%. The readability questionnaire \r\nanalysis obtained a percentage result of 89.17% with a very good readability category, \r\nthe implementation analysis obtained an average percentage of 84.44%. This indicates \r\nthat the e-module developed is practical. The effectiveness can be seen from the \r\nincrease in the N-gain value of 0.66 in the medium category, the Independent Paired T \r\ntest obtained a significance value of <0.05 and the analysis of students responses\r\nconcluded that more than 50% of the students group gave a positive response that the \r\ne-module which has been developed effectively to training students' creative thinking \r\nskills.\r\nKeywords: Augmented Reality, Creative Thinking Skills, E-module, STEM "^^ . "2021" . . . . . "Universitas Lampung"^^ . . . "FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, Universitas Lampung"^^ . . . . . . . . . "1923022018"^^ . "Reny Widyanti"^^ . "1923022018 Reny Widyanti"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN E-MODULE BERBANTUAN AUGMENTED REALITY \r\nTERINTEGRASI STEM UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN \r\nBERPIKIR KREATIF SISWA (File PDF)"^^ . . . "TESIS FULL TANPA PEMBAHASAN RENY WIDYANTI - Reny Widyanti.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-MODULE BERBANTUAN AUGMENTED REALITY \r\nTERINTEGRASI STEM UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN \r\nBERPIKIR KREATIF SISWA (File PDF)"^^ . . . "Abstrak - Reny Widyanti.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-MODULE BERBANTUAN AUGMENTED REALITY \r\nTERINTEGRASI STEM UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN \r\nBERPIKIR KREATIF SISWA (File PDF)"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-MODULE BERBANTUAN AUGMENTED REALITY \r\nTERINTEGRASI STEM UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN \r\nBERPIKIR KREATIF SISWA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-MODULE BERBANTUAN AUGMENTED REALITY \r\nTERINTEGRASI STEM UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN \r\nBERPIKIR KREATIF SISWA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-MODULE BERBANTUAN AUGMENTED REALITY \r\nTERINTEGRASI STEM UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN \r\nBERPIKIR KREATIF SISWA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-MODULE BERBANTUAN AUGMENTED REALITY \r\nTERINTEGRASI STEM UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN \r\nBERPIKIR KREATIF SISWA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-MODULE BERBANTUAN AUGMENTED REALITY \r\nTERINTEGRASI STEM UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN \r\nBERPIKIR KREATIF SISWA (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-MODULE BERBANTUAN AUGMENTED REALITY \r\nTERINTEGRASI STEM UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN \r\nBERPIKIR KREATIF SISWA (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-MODULE BERBANTUAN AUGMENTED REALITY \r\nTERINTEGRASI STEM UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN \r\nBERPIKIR KREATIF SISWA (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN E-MODULE BERBANTUAN AUGMENTED REALITY \r\nTERINTEGRASI STEM UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN \r\nBERPIKIR KREATIF SISWA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-MODULE BERBANTUAN AUGMENTED REALITY \r\nTERINTEGRASI STEM UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN \r\nBERPIKIR KREATIF SISWA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-MODULE BERBANTUAN AUGMENTED REALITY \r\nTERINTEGRASI STEM UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN \r\nBERPIKIR KREATIF SISWA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-MODULE BERBANTUAN AUGMENTED REALITY \r\nTERINTEGRASI STEM UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN \r\nBERPIKIR KREATIF SISWA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-MODULE BERBANTUAN AUGMENTED REALITY \r\nTERINTEGRASI STEM UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN \r\nBERPIKIR KREATIF SISWA (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN E-MODULE BERBANTUAN AUGMENTED REALITY \r\nTERINTEGRASI STEM UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN \r\nBERPIKIR KREATIF SISWA (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN E-MODULE BERBANTUAN AUGMENTED REALITY \r\nTERINTEGRASI STEM UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN \r\nBERPIKIR KREATIF SISWA (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN E-MODULE BERBANTUAN AUGMENTED REALITY \r\nTERINTEGRASI STEM UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN \r\nBERPIKIR KREATIF SISWA (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #61010 \n\nPENGEMBANGAN E-MODULE BERBANTUAN AUGMENTED REALITY \nTERINTEGRASI STEM UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN \nBERPIKIR KREATIF SISWA\n\n" . "text/html" . . . "370 Pendidikan" . . . "530 Fisika" . .