@misc{eprints61013, title = {ANALISIS PERMINTAAN OBJEK WISATA PANTAI KERANG MAS DI KABUPATEN LAMPUNG TIMUR DENGAN METODE TRAVEL COST}, author = {1711021001 RIRIK TRI HANDAYANI}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS}, year = {2021}, url = {http://digilib.unila.ac.id/61013/}, abstract = {Objek wisata alam tidak memiliki nilai pasar yang pasti, pemberian nilai atau valuasi terhadap objek wisata alam sangat penting untuk diketahui sebagai bahan pertimbangan dalam pengembangan dan pengelolaan yang berkelanjutan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis secara parsial dan simultan pengaruh dari biaya perjalanan ke objek wisata pantai Kerang Mas, biaya perjalanan ke objek wisata lain (Pantai Cemara), pendapatan, umur, dan pengalaman berkunjung sebelumnya terhadap permintaan objek wisata pantai Kerang Mas, serta Mengukur nilai manfaat ekonomi objek wisata pantai Kerang Mas dengan menggunakan metode biaya perjalanan individu. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda dengan menggunakan metode Ordinary Least Square (OLS) dengan jumlah permintaan ke objek wisata pantai Kerang Mas sebagai variabel terikat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial terdapat dua variabel yang berpengaruh signifikan terhadap jumlah permintaan objek wisata Pantai Kerang Mas yaitu variabel biaya perjalanan ke objek wisata pantai Kerang Mas dan variabel pengalaman berkunjung sebelumnya. Namun Secara simultan Kelima variabel tersebut yaitu variabel biaya perjalanan ke objek wisata pantai Kerang Mas, biaya perjalanan ke objek wisata lain (Pantai Cemara), pendapatan, umur, dan pengalaman berkunjung sebelumnya berpengaruh signifikan terhadap jumlah permintaan objek wisata pantai Kerang Mas. Berdasarkan hasil perhitungan maka diketahui bahwa nilai manfaat ekonomi objek wisata pantai Kerang Mas dengan pendekatan biaya perjalanan individu sebesar Rp 701.117.334.000..per tahun. Kata Kunci : Metode biaya perjalanan individual, Permintaan pariwisata Pantai Kerang Mas, Nilai manfaat ekonomi. Natural tourism does not have a definite market value, the value or valuation of natural tourism objects is very important to know as a material for consideration in sustainable development and management..the purpose of this study was to determine and analyze partially and simultaneously the effect of travel costs to Kerang Mas beach attractions, travel costs to other tourist objects (Cemara Beach), income, age, and previous visiting experience on the demand for Kerang Mas beach attractions. , as well as measuring the value of the economic benefits of the Kerang Mas beach tourism object by using the individual travel cost method The analytical tool used in this study is multiple linear regression using the Ordinary Least Square (OLS) method with the number of requests to the Kerang Mas beach tourism object as the dependent variable. The conlusion of this study show that partially, there are one variables that have a significant effect on the number of requests for Kerang Mas Beach attractions, it is the previous visiting experience. Simultaneously, the five variables, the cost of travel to the Kerang Mas beach attraction, the cost of traveling to another tourist attraction (Cemara Beach), income, age, and previous visiting experience have a significant effect on the number of requests for Kerang Mas beach attractions. Based on the calculation results, showed that the economic benefit value of the Kerang Mas beach tourism object with an individual travel cost approach is Rp 701.117.334.000./year. Keywords: Individual travel cost method, Coastal tourism demand of Kerang Mas Beach, Value of economic benefits.} }