creators_name: Triyas Setiyabudi, 1713022018 creators_id: triyassetiyabudi77@gmail.com type: other datestamp: 2022-05-13 01:44:07 lastmod: 2022-05-13 01:44:07 metadata_visibility: show title: PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN TANGGUNG JAWAB SISWA PADA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PROYEK ispublished: pub subjects: 530 full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian untuk mengukur kemampuan komunikasi dan tanggung jawab siswa pada pembelajaran fisika berbasis proyek yang valid, reliabel, dan praktis. Desain pengembangan dilaksanakan menggunakan metode Research and Development dengan model pengembangan Borg & Gall yang diadaptasi menjadi 7 langkah pengembangan, yakni: (1) Research and information collection; (2) Planning; (3) Product develop Preliminary; (4) Preliminary Field Testing; (5) Main Product Revision; (6) Main Field Testing; (7) Operational Product Revision. Subjek penelitian yaitu instrumen penilaian kemampuan komunikasi dan tanggung jawab siswa pada pembelajaran fisika berbasis proyek. Instrumen penilaian yang dikembangkan merupakan penilaian nontes dengan teknik observasi sistematis yang berbentuk instrumen penilaian yang diisi oleh guru dalam proses pembelajaran. Uji validitas dan reliabilitas instrumen dilaksanakan oleh tiga orang ahli dan uji kepraktisan instrumen dilaksanakan oleh tiga orang guru fisika. Hasil analisis data uji validasi menunjukkan bahwa instrumen penilaian kemampuan komunikasi dan tanggung jawab siswa pada pembelajaran fisika berbasis proyek valid secara konstruksi, substansi, dan bahasa dengan nilai 0,86 dengan kriteria validitas instrumen sangat tinggi. Instrumen penilaian memiliki reliabilitas sebesar 0,77 dengan kategori reliabilitas tinggi. Respon kepraktisan instrumen oleh tiga guru fisika sebesar 85,6% dengan kriteria sangat tinggi atau praktis. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa instrumen penilaian untuk mengukur kemampuan komunikasi dan tanggung jawab siswa pada pembelajaran fisika berbasis proyek valid, reliabel, dan praktis. Kata Kunci: Instrumen penilaian, komunikasi, tanggung jawab. date: 2021 date_type: published publisher: FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: Triyas Setiyabudi, 1713022018 (2021) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN TANGGUNG JAWAB SISWA PADA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PROYEK. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/61029/1/1.%20ABSTRAK%20-%20triyasgavin.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/61029/2/2.%20SKRIPSI%20FULL%20-%20triyasgavin.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/61029/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN%20-%20triyasgavin.pdf