title: PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA creator: DWI RAHMAWATI, 1413021022 subject: 510 Matematika description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan disposisi matematis siswa kelas VIII semester genap SMP Negeri 1 Trimurjo Kabupaten Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2018/2019 yang terdistribusi dalam sembilan kelas. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik purposive sampling dan terpilih kelas 8.4 dan 8.6 sebagai sampel penelitian. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Data kemampuan komunikasi matematis siswa diperoleh melalui tes berbentuk uraian, sedangkan data disposisi matematis siswa diperoleh melalui angket disposisi matematis.Data dalam penelitian ini adalah skor kemampuan awal, skor kemampuan akhir, dan skor peningkatan (gain) kemampuan komunikasi matematis dan disposisi matematis siswa. Analisis data penelitian yang digunakan adalah uji t. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa model problem based learning tidak berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan disposisi matematis siswa. Kata kunci : Problem Based Learning, Komunikasi dan Disposisi Matematis. publisher: FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM date: 2021 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/61034/1/ABSTRAK%20-%20Atalah%20Printing%20%2812%29.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/61034/2/SKRIPSI%20FULL%20-%20Atalah%20Printing%20%2811%29.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/61034/3/SKRIPSI%20TANPA%20PEMBAHASAN%20-%20Atalah%20Printing%20%2811%29.pdf identifier: DWI RAHMAWATI, 1413021022 (2021) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/61034/