%0 Generic %A Dalila Erna Trisnawati, 1713043005 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2021 %F eprints:61042 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PEMBELAJARAN SENI BUDAYA MENGGUNAKAN APLIKASI WHATSAPP DI SMPN 1 GADINGREJO %U http://digilib.unila.ac.id/61042/ %X ABSTRAK PEMBELAJARAN SENI BUDAYA MENGGUNAKAN APLIKASI WHATSAPP DI SMPN 1 GADINGREJO Oleh DALILA ERNA TRISNAWATI Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran seni budaya menggunakan aplikasi WhatsApp di SMPN 1 Gadingrejo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian dilakukan analisis data, berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan proses pembelajaran seni budaya menggunakan aplikasi WhatsApp, melalui fitur –fitur WhatsApp seperti mengirim pesan teks, foto, video, dan dokumen, yaitu membagikan materi dan tugas untuk siswa didalam grup WhatsApp dengan tahapan sebagai berikut, pertama guru menyampaikan referensi tentang musik tradisional Lampung dan tugas untuk menerjemahkan lagu -lagu daerah lampung. Kedua, guru memberikan tugas untuk praktik bernyanyi lagu tradisional Lampung secara individu. Ketiga, guru memberikan tugas pengambilan nilai yaitu membuat soal pilihan ganda sebagai penilaian akhir ulangan harian, dan tujuannya untuk referensi ujian yang akan di hadapi. Kata Kunci : Aplikasi WhatsApp, Pembelajaran, Seni Budaya ABSTRACT LEARNING ARTS AND CULTURE USING WHATSAPP APPLICATION IN SMPN 1 GADINGREJO By DALILA ERNA TRISNAWATI This study aims to describe the learning process of cultural arts using the WhatsApp application at SMPN 1 Gadingrejo. The research method used is a qualitative method. Data collection techniques in the form of observation, interviews, and documentation. Then, data analysis was carried out, in the form of data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of the study show the process of learning cultural arts using the WhatsApp application, through WhatsApp features such as sending text messages, photos, videos, and documents, namely distributing materials and assignments for students in WhatsApp groups with the following stages, first the teacher conveys references about traditional music Lampung and the task of translating Lampung folk songs. Second, the teacher gives assignments to practice singing tradition al Lampung songs individually. Third, the teacher gives the task of taking grades, namely making multiple choice questions as the final assessment of the daily test, and the aim is to reference the exam that will be faced. Keywords: WhatsApp Application, Learning, Cultural Arts