@mastersthesis{eprints61044, month = {April}, title = {PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MANAJER DALAM PENGEMBANGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU (Studi Kasus pada SMK Tri Sukses Natar)}, school = {UNIVERSITAS LAMPUNG }, author = {1923012032 JONI ACHMAD SAPUTRA}, year = {2022}, url = {http://digilib.unila.ac.id/61044/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendekripsikan peran kepala sekolah sebagai manajer dalam pengembangan kompetensi profesional guru di SMK Tri Sukses Natar dilihat dari aspek perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan tindak lanjut. Penelitian ini menggunakan rancangan studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Sumber data meliputi kepala sekolah, wakil kepala bidang kurikulum dan sarana prasarana, wakil kepala bidang kesiswaan dan humas, pendidik/guru, peserta didik/siswa serta pengawas yayasan. Penentuan informan dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif dengan model induktif. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa (1) perencanaan dilakukan kepala sekolah dengan membentuk team pengembangan sekolah, melibatkan anggota sekolah dalam merumuskan visi, misi dan program, melakukan perencanaan program, melibatkan yayasan dalam pembuatan program serta program dibuat berdasarkan azas kebutuhan dan menyesuaikan kebijakan, (2) pelaksanaan dilakukan kepala sekolah dengan mengoptimalkan tugas kepala sekolah, kebersamaan dalam memiliki rasa tanggung jawab serta azas kekeluargaan, memiliki motto bagi pendidik, melaksanakan program serta memiliki profil yang baik, (3) pengawasan dilakukan kepala sekolah dengan melibatkan yayasan dalam pengawasan program, pengawasan secara langsung terhadap pelaksanaan program, melaksanakan komunikasi yang baik serta mengidentifikasi kekurangan dari program, serta (4) tindak lanjut dilakukan kepala sekolah dengan memberikan totalitas dukungan, melibatkan yayasan, menganalisis program, serta memberikan fasilitas dalam menindak lanjuti program. Kata Kunci: peran kepala sekolah, manajer, pengembangan, kompetensi profesional guru ABSTRACT This study aims to analyze and describe the role of the principal as a manager in the development of professional competence of teachers at SMK Tri Sukses Natar in terms of planning, doing/implementation, controling/supervision and act/follow-up aspects. This research uses a case study design with a qualitative approach. Data sources include school principals, deputy heads of curriculum and infrastructure, deputy heads of student affairs and public relations, educators/teachers, students/students and foundation supervisors. Determination of informants in this study was done by purposive sampling technique. Data collection techniques through observation, interviews and documentation studies. This study uses qualitative data analysis techniques with an inductive model. The results of this study indicate that (1) planning is carried out by the principal by forming a school development team, involving school members in formulating the vision, mission and program, conducting program planning, involving foundations in program making and programs made based on the principle of needs and adjusting policies, (2) the implementation/doing is carried out by the principal by optimizing the duties of the principal, togetherness in having a sense of responsibility and the principle of kinship, having a motto for educators, implementing programs and having a good profile, (3) controling/supervision is carried out by the principal by involving the foundation in program supervision, direct supervision of program implementation, implementing good communication and identifying program deficiencies, and (4) act/follow-up is carried out by the principal by providing total support, involving foundations, analyzing the program, and providing facilities in following up on the program. Keywords: the role of principal?s, manager, development, professional competence of teachers} }