%0 Generic %A WAHYU HIDAYAT, 1543053019 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2021 %F eprints:61051 %I FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SD %U http://digilib.unila.ac.id/61051/ %X ABSTRAK HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SD Oleh WAHYU HIDAYAT Masalah dalam penelitian ini hasil belajar peserta didik kelas V SD masih rendah di bawah kriteria ketuntasan minimum dan rendahnya perhatian orang dalam memberikan bimbingan belajar untuk anak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara perhatian orang tua dengan hasil belajar peserta didik kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode ex post facto. Populasi terdiri atas 155 peserta didik, teknik sampling menggunakan proporsional random sampling. Sampel yang digunakan berjumlah 101 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji korelasi. Hasil analisis data diperoleh simpulan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua dengan hasil belajar peserta didik kelas V SD dengan kategori tinggi. Kata kunci: hubungan, hasil belajar, perhatian orang tua. iii ABSTRACT THE RELATIONSHIP OF PARENT'S ATTENTION WITH THE LEARNING OUTCOMES OF CLASS V STUDENTS By WAHYU HIDAYAT The problem in this study is that the learning outcomes of fifth grade elementary school students are still low below the minimum completeness criteria and people's attention is low in providing tutoring for children. The purpose of this study was to determine the relationship between parental attention and the learning outcomes of fifth grade elementary schoolstudents. Thistype of research is quantitative research with ex post facto method. The population consisted of 155 students the sampling technique used proportional random sampling. The sample used is 101 students. Data collection using questionnaires and documentation. Data analysis using correlation test. The results of data analysis concluded that there was a positive and significant relationship between parental attention and the learning outcomes of fifth grade elementary school student in the high category. Keywords: relationship, learning outcomes, parents attention.