%0 Generic %A ZAVIRA UTAMI RAMADITA , NPM 1713022027 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2021 %F eprints:61059 %I FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM %T IMPLEMENTASI KURIKULUM TERPADU MODEL INTEGRATED BERBASIS STEM MENGGUNAKAN FLIPPED CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP PADA MATERI GLOBAL WARMING %U http://digilib.unila.ac.id/61059/ %X ABSTRAK IMPLEMENTASI KURIKULUM TERPADU MODEL INTEGRATED BERBASIS STEM MENGGUNAKAN DLIPPED CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP PADA MATERI GLOBAL WARMING Oleh ZAVIRA UTAMI RAMADITA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi kurikulum terpadu model integrated berbasis STEM menggunakan flipped classroom dalam meningkatkan penguasaan konsep peserta didik. Sampel pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas VII I SMP Al-Kautsar Bandar Lampung tahun ajaran 2020/2021. Desain penelitian yang digunakan yaitu One-Group-Pretest-Posttest. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar tes soal pilihan ganda. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diketahui rata-rata nilai posttest lebih besar daripada nilai pretest, yaitu 84,29 > 66.79. Berdasarkan hasil data penelitian menunjukkan bahwa rata-rata N-gain sebesar 0,503 dengan kategori sedang, serta nilai signifikasi uji Paired Sample T-test sebesar 0,000 artinya bahwa implementasi kurikulum terpadu model integrated berbasis STEM mampu meningkatkan penguasaan konsep pada materi global warming. Kata Kunci: Kemampuan Penguasaan Konsep, Kurikulum Terpadu tipe integrated, Pendekatan STEM, Flipped Classroom.