TY - GEN ID - eprints6106 UR - http://digilib.unila.ac.id/6106/ A1 - Ayu Setiyo Putri, 1223041004 Y1 - 2014/12/22/ N2 - Masalah dalam penelitian ini adalah kohesi dan koherensi wacana jurnalistik pada surat kabar Radar Lampung edisi April 2014 dan implikasinya dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kohesi dan koherensi serta unsur pemarkah koherensi wacana jurnalistik pada berita surat kabar Radar Lampung edisi April 2014 dan implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah teks berita pada surat kabar Radar Lampung edisi April 2014, yang berjumlah 16 berita. Pengumpulan data dilakukan melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan/verifikasi. Dilanjutkan dengan melakukan wawancara terhadap informan untuk memperkuat hasil dari penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa wacana jurnalistik yang terdapat dalam surat kabar Radar Lampung edisi April 2014 memiliki unsur kohesi berupa pronomina atau kata ganti dan konjungsi, sedangkan pemarkah koherensi berupa penambahan atau adisi dan seri atau rentetan. Selanjutnya, kekoherensian pada wacana jurnalistik tersebut ditandai dengan adanya hubungan makna, yakni hubungan sebab-akibat, sarana-hasil, alasan-akibat, sarana-tujuan, identifikasi, dan syarat-hasil. Pembelajaran mengenai koherensi pada teks tertuang pada Kompetensi Dasar pada jenjang SMA, mengenai keterampilan menulis yaitu pada pembelajaran memproduki teks eksposisi yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan. Kata kunci : kohesi, koherensi, wacana, jurnalistik, pembelajaran. TI - KOHESI DAN KOHERENSI WACANA JURNALISTIK PADA SURAT KABAR RADAR LAMPUNG EDISI APRIL 2014 DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA AV - restricted ER -