<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . "PENGGUNAAN BAHASA PERSUASI PADA IKLAN APLIKASI\r\nBELANJA ONLINE DI YOUTUBE PUBLIKASI APRIL-JULI 2020\r\nDAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN\r\nBAHASA INDONESIA DI SMP KELAS VIII"^^ . "ABSTRAK\r\n\r\nPENGGUNAAN BAHASA PERSUASI PADA IKLAN APLIKASI\r\nBELANJA ONLINE DI YOUTUBE PUBLIKASI APRIL-JULI 2020\r\nDAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN\r\nBAHASA INDONESIA DI SMP KELAS VIII\r\n\r\nOleh\r\n\r\nTia Oktariaini\r\n\r\nMasalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan bahasa persuasi pada\r\niklan aplikasi belanja online di Youtube dan implikasinya terhadap pembelajaran\r\nbahasa Indonesia di SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan\r\npenggunaan bahasa persuasi pada iklan aplikasi belanja online di Youtube publikasi\r\nApril—Juli 2020 dan implikasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP\r\nkelas VIII. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini, yaitu metode deskriptif\r\nkualitatif. Sumber data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah iklan\r\naplikasi belanja online di Youtube yang terdiri atas iklan Shopee, Lazada, Blibli.com,\r\nBukalapak, dan OLX publikasi April — Juli 2020. yang penulis ambil dari beberapa\r\nsaluran, yaitu Shopee Indonesia, Bli.bli.com, Lazada Indonesia, Deddy Corbuzier,\r\nPrilly Latuconsina, Korea Reomit, Bukalapak, MP3 Original, Gritte Agatha, dan\r\nOLX Indonesia. Data dalam penelitian ini, yaitu bahasa persuasi pada iklan aplikasi\r\nbelanja online di Youtube yang terdiri atas bahasa persuasi bersifat nasihat, anjuran,\r\nperintah, meyakinkan, dan menegaskan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian\r\nini menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang\r\ndigunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik simak-catat.\r\nHasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam iklan aplikasi belanja online di Youtube\r\nterdapat bahasa persuasi bersifat nasihat (Hai topers, Yuk selalu berhati-hati terhadap\r\npihak yang mengatasnamakan Tokopedia), anjuran (Mending bayar tagihan di\r\n\r\nShopee, bayar tagihan cashback hingga 100 ribu), perintah (Klik Shopee Games!, klik\r\nShopee Poly! lempar dadunya dan kumpulkan poinnya!), meyakinkan (Hanya di\r\nShopee Kick Fast Online dapatkan diskon hingga 70% untuk lebih dari 200 brand +\r\ngratis ongkir), dan menegaskan (Bagi-bagi semangat Ramadhan diskon 99%). Hasil\r\ndari penelitian ini dapat diimplikasikan ke dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di\r\nSMP kelas VIII yang terdapat pada Kompetensi Dasar 3.4 Menelaah pola penyajian\r\nkebahasaan teks iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi)\r\ndari berbagai sumber yang dibaca dan didengar dan Kompetensi Dasar 4.4\r\nMenyampaikan gagasan, pesan, ajakan dalam bentuk iklan, slogan, atau poster secara\r\nlisan dan tulis.\r\n\r\nKata kunci: bahasa persuasi, iklan aplikasi belanja online, youtube, media\r\nA.............pembelajaran."^^ . "2021" . . . . . "FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN"^^ . . . . . . . " NPM 1713041029"^^ . "TIA OKTARIAINI"^^ . " NPM 1713041029 TIA OKTARIAINI"^^ . . . . . . "PENGGUNAAN BAHASA PERSUASI PADA IKLAN APLIKASI\r\nBELANJA ONLINE DI YOUTUBE PUBLIKASI APRIL-JULI 2020\r\nDAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN\r\nBAHASA INDONESIA DI SMP KELAS VIII (File PDF)"^^ . . . "ABSTRAK TIA OKTARIAINI - Tya Oktari.pdf"^^ . . . "PENGGUNAAN BAHASA PERSUASI PADA IKLAN APLIKASI\r\nBELANJA ONLINE DI YOUTUBE PUBLIKASI APRIL-JULI 2020\r\nDAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN\r\nBAHASA INDONESIA DI SMP KELAS VIII (File PDF)"^^ . . . "PENGGUNAAN BAHASA PERSUASI PADA IKLAN APLIKASI\r\nBELANJA ONLINE DI YOUTUBE PUBLIKASI APRIL-JULI 2020\r\nDAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN\r\nBAHASA INDONESIA DI SMP KELAS VIII (File PDF)"^^ . . . "SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN TIA OKTARIAINI - Tya Oktari.pdf"^^ . . . "PENGGUNAAN BAHASA PERSUASI PADA IKLAN APLIKASI\r\nBELANJA ONLINE DI YOUTUBE PUBLIKASI APRIL-JULI 2020\r\nDAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN\r\nBAHASA INDONESIA DI SMP KELAS VIII (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGGUNAAN BAHASA PERSUASI PADA IKLAN APLIKASI\r\nBELANJA ONLINE DI YOUTUBE PUBLIKASI APRIL-JULI 2020\r\nDAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN\r\nBAHASA INDONESIA DI SMP KELAS VIII (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGGUNAAN BAHASA PERSUASI PADA IKLAN APLIKASI\r\nBELANJA ONLINE DI YOUTUBE PUBLIKASI APRIL-JULI 2020\r\nDAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN\r\nBAHASA INDONESIA DI SMP KELAS VIII (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGGUNAAN BAHASA PERSUASI PADA IKLAN APLIKASI\r\nBELANJA ONLINE DI YOUTUBE PUBLIKASI APRIL-JULI 2020\r\nDAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN\r\nBAHASA INDONESIA DI SMP KELAS VIII (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGGUNAAN BAHASA PERSUASI PADA IKLAN APLIKASI\r\nBELANJA ONLINE DI YOUTUBE PUBLIKASI APRIL-JULI 2020\r\nDAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN\r\nBAHASA INDONESIA DI SMP KELAS VIII (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENGGUNAAN BAHASA PERSUASI PADA IKLAN APLIKASI\r\nBELANJA ONLINE DI YOUTUBE PUBLIKASI APRIL-JULI 2020\r\nDAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN\r\nBAHASA INDONESIA DI SMP KELAS VIII (Other)"^^ . . . . . . "PENGGUNAAN BAHASA PERSUASI PADA IKLAN APLIKASI\r\nBELANJA ONLINE DI YOUTUBE PUBLIKASI APRIL-JULI 2020\r\nDAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN\r\nBAHASA INDONESIA DI SMP KELAS VIII (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENGGUNAAN BAHASA PERSUASI PADA IKLAN APLIKASI\r\nBELANJA ONLINE DI YOUTUBE PUBLIKASI APRIL-JULI 2020\r\nDAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN\r\nBAHASA INDONESIA DI SMP KELAS VIII (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGGUNAAN BAHASA PERSUASI PADA IKLAN APLIKASI\r\nBELANJA ONLINE DI YOUTUBE PUBLIKASI APRIL-JULI 2020\r\nDAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN\r\nBAHASA INDONESIA DI SMP KELAS VIII (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGGUNAAN BAHASA PERSUASI PADA IKLAN APLIKASI\r\nBELANJA ONLINE DI YOUTUBE PUBLIKASI APRIL-JULI 2020\r\nDAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN\r\nBAHASA INDONESIA DI SMP KELAS VIII (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGGUNAAN BAHASA PERSUASI PADA IKLAN APLIKASI\r\nBELANJA ONLINE DI YOUTUBE PUBLIKASI APRIL-JULI 2020\r\nDAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN\r\nBAHASA INDONESIA DI SMP KELAS VIII (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGGUNAAN BAHASA PERSUASI PADA IKLAN APLIKASI\r\nBELANJA ONLINE DI YOUTUBE PUBLIKASI APRIL-JULI 2020\r\nDAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN\r\nBAHASA INDONESIA DI SMP KELAS VIII (Other)"^^ . . . . . . "PENGGUNAAN BAHASA PERSUASI PADA IKLAN APLIKASI\r\nBELANJA ONLINE DI YOUTUBE PUBLIKASI APRIL-JULI 2020\r\nDAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN\r\nBAHASA INDONESIA DI SMP KELAS VIII (Other)"^^ . . . . . . "PENGGUNAAN BAHASA PERSUASI PADA IKLAN APLIKASI\r\nBELANJA ONLINE DI YOUTUBE PUBLIKASI APRIL-JULI 2020\r\nDAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN\r\nBAHASA INDONESIA DI SMP KELAS VIII (Other)"^^ . . . . . . "PENGGUNAAN BAHASA PERSUASI PADA IKLAN APLIKASI\r\nBELANJA ONLINE DI YOUTUBE PUBLIKASI APRIL-JULI 2020\r\nDAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN\r\nBAHASA INDONESIA DI SMP KELAS VIII (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #61065 \n\nPENGGUNAAN BAHASA PERSUASI PADA IKLAN APLIKASI \nBELANJA ONLINE DI YOUTUBE PUBLIKASI APRIL-JULI 2020 \nDAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN \nBAHASA INDONESIA DI SMP KELAS VIII\n\n" . "text/html" . . . "370 Pendidikan" . . . "407 Pendidikan, riset dan topik terkait tentang Bahasa" . .