title: IMPLEMENTASI PjBL STEM BERBASIS BLENDED LEARNING PADA TOPIK ENERGI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING creator: MEGA GESTIRA , NPM 1713022025 subject: 530 Fisika description: ABSTRAK IMPLEMENTASI PjBL STEM BERBASIS BLENDED LEARNING PADA TOPIK ENERGI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING Oleh MEGA GESTIRA Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan problem solving pada topik energi melalui model PjBL STEM berbasis blended learning. Setiap sintaks pembelajaran PjBL STEM berbasis blended learning meliputi 5 tahap keterampilan problem solving, yaitu: focus the problem, describe the problem in physics description, plan a solution, execute the plan, and evaluate the solution. Metode penelitian yang digunakan merupakan penelitian eksperimen, desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-eksperimental (one group pretest-posttest design). Sampel penelitian sebanyak 35 peserta didik SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung kelas X IPA 1. Instrumen penelitian berupa perangkat tes keterampilan problem solving dalam bentuk soal uraian. Hasil tes dianalisis dengan uji paired sampel t-test. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, N-Gain hasil belajar pada kelas uji sebesar 0,43 dengan kategori sedang. Hasil uji hipotesis paired sample t-test didapatkan bahwa Asymp. Sig (2- tailed) ≤0,05, yaitu 0,00. Hasil tersebut menunjukkan peningkatan kemampuan problem solving menggunakan model PjBL STEM berbasis blended learning. Kata kunci: PjBL STEM, blended learning, problem solving publisher: FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM date: 2021 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/61073/1/ABSTRAK%20-%20mega%20gestira.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/61073/2/SKRIPSI%20FULL%20-%20mega%20gestira.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/61073/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN%20-%20mega%20gestira.pdf identifier: MEGA GESTIRA , NPM 1713022025 (2021) IMPLEMENTASI PjBL STEM BERBASIS BLENDED LEARNING PADA TOPIK ENERGI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/61073/