TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints61081 UR - http://digilib.unila.ac.id/61081/ A1 - ARCA HATITI , NPM 1713022029 Y1 - 2021/// N2 - ABSTRAK PENGARUH LKS BLENDED LEARNING BERORIENTASI HOTS TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA MATERI USAHA DAN ENERGI Oleh ARCA HATITI Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh LKS blended learning berorientasi HOTS terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi usaha dan energi kelas X MIPA di SMAN 1 Gadingrejo tahun ajaran 2020/2021. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan bentuk nonequivalent control group design. Sampel pada penelitian ini adalah kelas X MIPA 5 (kelas eksperimen) dan kelas X MIPA 4 (kelas kontrol). Pada kelas eksperimen diberi perlakuan menggunakan LKS blended learning berorientasi HOTS sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan menggunakan LKS yang diterbitkan Intan Pariwara. Instrumen tes yang digunakan berupa soal uraian yang berjumlah 5 butir soal. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh rata-rata N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 0,46 dengan kategori sedang dan pada kelas kontrol diperoleh rata-rata N-Gain sebesar 0,34 dengan kategori sedang. Hasil uji independent sample t-test, menunjukkan bahwa nilai signifikan ? 0,05 yaitu 0,002. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan LKS blended learning berorientasi HOTS terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi usaha dan energi. Kata kunci: Usaha dan Energi, LKS Blended Learning, HOTS, Hasil Belajar Kognitif PB - FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH LKS BLENDED LEARNING BERORIENTASI HOTS TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA MATERI USAHA DAN ENERGI AV - restricted ER -