title: HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DAN PERAN ORANG TUA PADA PEMBELAJARAN DARING DENGAN HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS V SDN GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KECAMATAN METRO BARAT creator: Tria Anggraini, 1713053091 subject: 370 Pendidikan description: i ABSTRAK HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DAN PERAN ORANG TUA PADA PEMBELAJARAN DARING DENGAN HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS V SDN GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KECAMATAN METRO BARAT Oleh TRIA ANGGRAINI Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar tematik peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dan peran orang tua pada pembelajaran daring dengan hasil belajar tematik peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah ex-postfacto korelasi. Populasi berjumlah 154 orang peserta didik dan sampel berjumlah 64 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, kuesioner dan studi dokumentasi. Instrumen pengumpul data berupa angket dengan skala Likert, yang sebelumnya diuji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dan peran orang tua pada pembelajaran daring dengan hasil belajar tematik dengan kriteria “Kuat”. Kata kunci: hasil belajar tematik, kebiasaan belajar, peran orang tua i ABSTRACT CORRELATION OF LEARNING HABITS AND THE ROLE OF PARENTS IN ONLINE LEARNING WITH THE THEMATIC LEARNING OUTCOMES OF GRADE FIVE STUDENTS OF SDN GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KECAMATAN METRO BARAT By TRIA ANGGRAINI The problem in this study was the low thematic learning outcomes of learners. This study aims to find out the positive and significant correlation between learning habits and the role of parents in online learning with the thematic learning outcomes of learners. The type of research used is ex-postfacto correlation. The population of 154 students and a sample of 64 students. Data collection techniques are observation, interview, questionnaire and documentation studies. Data collection instruments in the form of questionnaires with Likert scale, which was previously tested for validity and reliability. The results showed a positive and significant correlation between learning habits and the role of parents in online learning with thematic learning outcomes with "Strong" criteria. Keywords: study habits, the role of parents, thematic learning outcomes publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2021 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/61091/1/ABTRAK%20%28ABSTRACT%29%20-%20Tria%20Anggraini.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/61091/2/SKRIPSI%20FULL%20-%20Tria%20Anggraini.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/61091/3/SKRIPSI%20TANPA%20PEMBAHASAN%20-%20Tria%20Anggraini.pdf identifier: Tria Anggraini, 1713053091 (2021) HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DAN PERAN ORANG TUA PADA PEMBELAJARAN DARING DENGAN HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS V SDN GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KECAMATAN METRO BARAT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/61091/