@misc{eprints61135, title = {HUBUNGAN FASILITAS SEKOLAH RAMAH ANAK DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI 2 LABUHAN RATU}, author = {1753053018 Mei Sari}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2021}, url = {http://digilib.unila.ac.id/61135/}, abstract = {Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri 2 Labuhan Ratu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan fasilitas sekolah ramah anak dengan hasil belajar matematika. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar matematika dan untuk mengetahui hubungan fasilitas sekolah ramah anak dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian Ex-post facto. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V yang berjumlah 57 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan angket. Analisis data yang digunakan adalah korelasi Product Moment. Hasil analisis data penelitian terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara fasilitas sekolah anak dengan hasil belajar matematika ditunjukan dengan kriteria "sedang". Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar matematika ditunjukan dengan kriteria "sedang".Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara fasilitas sekolah anak dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar matematika ditunjukan dengan kriteria "tinggi". Kata kunci: fasilitas sekolah ramah anak, motivasi belajar, hasil belajar. The problem of this study was the low learning outcomes of the fifth-grade students at SDN 2 Labuhan Ratu. This study aims to determine the relationship among child-friendly school facilities and mathematics learning outcomes, the relationship between learning motivation and mathematics learning outcomes, and the relationship among child-friendly school facilities, learning motivation, and mathematics learning outcomes. This study was Ex-post facto research. The population and sample of this study were all fifth-grade students, consisting of 57 students. The data collection techniques implemented were documentation and questionnaires. The research data analysis results indicated a positive and significant relationship between child-school facilities and mathematics learning outcomes. It was indicated by the "moderate" criteria. There is a positive and significant relationship between learning motivation and mathematics learning outcomes. It was denoted by the "moderate" criteria. There is a positive and significant relationship between child-school facilities, learning motivation, and mathematics learning outcomes. It was indicated by the "high" criteria. Keywords: child-friendly school facilities, learning motivation, learning outcomes outcomes.} }