TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints61136 UR - http://digilib.unila.ac.id/61136/ A1 - Nia Maulina, 1713023050 Y1 - 2021/// N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pembelajaran berbasis isu sosiosaintifik di masa pandemi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada konsep redoks. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA Negeri 10 Bandar Lampung semester genap tahun ajaran 2020/2021. Sampel penelitian ini, yaitu siswa kelas X IPA 2 dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode penelitian ini adalah kuasi eskperimen dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Pengaruh pembelajaran berbasis isu sosiosaintifik di masa pandemi dianalisis menggunakan uji Paired Sample T-Test dan uji effect size terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai pretest keterampilan berpikir kritis adalah 31,25 dan rata-rata nilai posttest adalah 76,47, dimana mengalami kenaikan sebesar 45% dengan rata-rata N-Gain 0,67 yang menunjukkan kategori sedang. Berdasarkan uji Paired Sample T-Test yang dilakukan, disimpulkan bahwa rata-rata nilai posttest berpikir kritis siswa tidak sama dengan rata-rata nilai pretest berpikir kritis siswa pada konsep redoks. Hasil tersebut menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran berbasis isu sosiosaintifik di masa pandemi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada konsep redoks sebelum dan sesudah pembelajaran. Ukuran pengaruh dihitung dengan menggunakan uji effect size. Hasil pengujian effect size menunjukkan bahwa 96% peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa dipengaruhi oleh pembelajaran berbasis isu sosiosaintifik dengan kriteria besar. Kata kunci: Isu sosiosaintifik, keterampilan berpikir kritis, konsep redoks PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS ISU SOSIOSAINTIFIK DI MASA PANDEMI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA KONSEP REDOKS AV - restricted ER -