@misc{eprints61139, title = {PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUGMENTED REALITY TERHADAP PENINGKATAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN KELAS VIII DI SMP NEGERI 12 BANDAR LAMPUNG}, author = {1713024002 Kiki Nuraini}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2021}, url = {http://digilib.unila.ac.id/61139/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Augmented Reality terhadap peningkatan Higher Order Thinking Skills peserta didik pada materi sistem pernapasan kelas VIII di SMP Negeri 12 Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi- eksperiment dengan desain Pretest-Posttest Non-equivalent. Sampel penelitian yang digunakan adalah peserta didik kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan VIII C sebagai kelas kontrol dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data rata-rata nilai pretest, posttest, dan N-Gain sebagai hasil peningkatan Higher Order Thinking Skills peserta didik dianalisis dengan uji Independen Sample t- test. Angket tanggapan peserta didik dianalisis dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan HOTS peserta didik berkategori sedang dengan N-gain pada kelas eksperimen sebesar 0,58 {$\pm$} 0,21 dan kemampuan HOTS peserta didik berkategori rendah dengan N-gain pada kelas kontrol sebesar 0,29 {$\pm$} 0,14. Analisis statistik dengan uji T-test menunjukkan bahwa penggunaan media AR berpengaruh signifikan terhadap peningkatan HOTS peserta didik. Kata kunci : Augmented Reality, Higher Order Thinking Skills, sistem pernapasan } }