creators_name: RACHEL KHAIRUNNISA, Rachel Khairunnisa creators_id: rachel.khn97@gmail.com type: other datestamp: 2022-05-17 03:46:21 lastmod: 2022-05-17 03:46:21 metadata_visibility: show title: PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI KELUARGA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V DI SEKOLAH DASAR ispublished: pub subjects: 370 full_text_status: restricted abstract: Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kondisi sosial ekonomi keluarga dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika peserta didik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian ex post facto dan pendekatan data kuantitatif. Populasi berjumlah 51 peserta didik, karena kurang dari 100 maka semua dijadikan sampel dalam penelitian ini. Instrumen penelitian adalah tes dan non-tes dan untuk menganalisis data menggunakan rumus regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian diperoleh bahwa ada pengaruh kondisi sosial ekonomi keluarga dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika peserta didik. Kata kunci: hasil belajar, kondisi sosial ekonomi keluarga, motivasi belajar, pembelajaran matematika. The problem in this research is the low of mathematics achievement of students. This research aims to determine the influence of family socio economic conditions and learning motivation on mathematics achievement of students. This research used ex post facto research and quantitative data approach. The population and sample is 51 students, because it was less than 100, all of them were sampled in this study. The research instrument was tests and non-tests and to analyze the data using simple regression multiple regression formulas. The result of the study showed that there was an influence of family socio economic conditions and learning motivation on mathematics achievement of students. Keywords: learning achievement, family socio economic conditions, learning motivastion, Mathematics learning date: 2021 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: RACHEL KHAIRUNNISA, Rachel Khairunnisa (2021) PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI KELUARGA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V DI SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/61147/1/Abstrak%20-%20rachel%20chelf.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/61147/2/SKRIPSI%20FULL%20-%20rachel%20chelf.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/61147/3/Skripsi%20Bab%204%20Tanpa%20Pembahasan%20RC.pdf