TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints61198 UR - http://digilib.unila.ac.id/61198/ A1 - AYUN SUNDARI, 1713053096 Y1 - 2021/// N2 - Pelaksanaan sekolah hijau (green school) di SD Negeri 1 Metro Barat Kota Metro menjadi jawaban penting bagi sekolah yang ingin mewujudkan sekolah hijau (green school). Indikator yang digunakan dalam mencapai sekolah hijau di SD Negeri 1 Metro Barat mengacu pada indikator program adiwiyata yaitu kebijakan sekolah berwawasan lingkungan, kurikulum berbasis lingkungan, kegiatan berbasis partisipatif, dan sarana prasarana ramah lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk memetakan dan mendeskripsikan mengenai kriteria sekolah hijau (green school) studi lapangan di SD Negeri 1 Metro Barat, dengan sub fokuspenelitian kebijakan sekolah berwawasan lingkungan, kurikulum berbasis lingkungan, kegiatan berbasis partisipatif, dan pengelolaan sarana prasarana ramah lingkungan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah 1) kriteria kebijakan sekolah berwawasan lingkungan sudah diimplementasi dengan baik, dengan cara melakukan penghijauan, merevisi visi, misi dan tujuan, menambah mata pelajaran PLH dan RKAS, 2) kurikulum berwawasan lingkungan dilakukan dengan meningkatkan kompetensi tenaga pendidik dan peserta didik dalam upaya pelestarian lingkungan hidup, 3) kegiatan berbasis partisipatif dilakukan dengan membagi dua kegiatan yaitu kegiatan internal dan eksternal yang mengarah pada upaya pelestarian lingkungan hidup, dan 4) pengelolaan sarana dan prasarana dilakukan dengan meningkatkan kualitas kantin sehat dan ramah lingkungan serta memiliki sarana prasarana pendukung kegiatan lingkungan hidup. Kata kunci : green school, kebijakan, kegiatan, kurikulum, sarana danprasarana The implementation of green schools at SD Negeri 1 Metro Barat Metro City is animportant answer for schools that want to create green schools. The indicators used in achieving green schools at SD Negeri 1 Metro Barat refer to the Adiwiyata program indicators, namely environmentally friendly school policies, environment based curriculum, participatory based activities, and encironmentaly friendly infrastucture. This study aims to map and describe the green school criteria for field studies at SD Negeri 1 Metro Barat, with the sub-focus ofresearch on environmentally sound school policies environment-basedcurriculum, participatory-based activities, and management of environmentally friendly infrastructure. The method used in this research is a qualitative method. Data collection techniques with interviews, observation, and documentation. The results of this study are 1) the criteria for environmentally friendly school policies have been implemented properly, by doing reforestation, revising the vision, mission and goals, adding PLH and RKAS subjects, 2) environmental-friendly curriculum is carried out by increasing the competence of educators and students in efforts to preserve the environment, 3) participatory-based activities are carried out by dividing into two activities, namely internal and external activities that lead to environmental conservation efforts, and 4) management of facilities and infrastructure is carrried out by improving the quality of healthy environmentally friendly canteens and having infrastructure supporting activities. environment. Keywords : activities, curriculum, facilities and infrastructur, green school,policy, PB - FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN TI - EKSPLORASI KRITERIA SEKOLAH HIJAU (GREEN SCHOOL) STUDI LAPANGAN DI SD NEGERI 1 METRO BARAT AV - restricted ER -