%A 1713021014 RIZA ADELIA %T PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA PEMBELAJARAN DARING (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 20 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021) %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar terhadap pemahaman konsep matematis siswa pada pembelajaran daring. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 20 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021 yang terdistribusi dalam sepuluh kelas. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIIA dan VIIB yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah siswa sebanyak 48 orang. Desain penelitian yang digunakan adalah desain kausal. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dari pengisian angket skala kemandirian belajar dan tes pemahaman konsep matematis siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu regresi linier sederhana dengan ? = 0,05. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu kemandirian belajar memiliki pengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa dengan persamaan regresi Y = 17,059 + 0,734X yang berarti semakin tinggi kemandirian belajar siswa maka pemahaman konsep matematisnya juga semakin tinggi. Kata kunci : Kemandirian Belajar, Pemahaman Konsep Matematis, Pembelajaran Daring. %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2021 %I FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM %L eprints61243