<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROJECT TERINTEGRASI\r\nSTEM BERBANTUAN LMS UNTUK MELATIHKAN \r\nKEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH"^^ . "\r\nPenelitian ini bertujuan mengembangkan E-Modul berbasis project terintegrasi \r\nSTEM berbantuan LMS untuk melatihkan kemampuan pemecahan masalah siswa \r\npada materi pembiasan cahaya. Metode penelitian menggunakan desain recearch \r\nand development (R&D) model pengembangan media instruksional Borg & Gall \r\nmengacu pada model Dick & Carey. Metode penelitian (R &D) yang \r\ndikembangkan oleh Borg and Gall terdiri dari 10 tahapan yang kemudian \r\ndiadaptasi menjadi 3 tahapan yaitu : 1) Studi Pendahuluan, 2) Pengembangan \r\nModel, 3) Pengujian dan Implementasi Model. Penelitian ini adalah penelitian \r\npengembangan untuk mengambangkan E-Modul berbasis project terintegrasi \r\nSTEM berbantuan LMS untuk melatihkan kemampuan pemecahan masalah pada \r\nmateri pembiasan cahaya yang valid, praktis, dan efektif. Instrumen non tes yang \r\ndigunakan berupa lembar validasi ahli untuk mengetahui kevalidan E-Modulyang \r\ndikembangkan, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, angket respon \r\npeserta didik untuk mengetahui kepraktisan E-Modul yang dikembangkan dan \r\ninstrument tes berupa soal kemampuan pemecahan masalah untuk mengatahui \r\nkeefektifan E-Modulyang dikembangkan. Hasil validasi menunjukan E-Modul\r\nberbasis project terintegrasi STEM berbantuan LMS pada materi pembiasan \r\ncahaya dinyatakan valid dengan persentase validasi isi sebesar 83,5%, persentase \r\nvalidasi desain sebesar 80%, dan persentase validasi konstruk sebesar 80,7 %. EModulberbasis project terintegrasi STEM pada materi pembiasan cahaya \r\ndinyatakan praktis ditinjau dari keterlaksanaan pembelajaran menggunakan EModulberbasis projectterintegrasi STEM dengan persentase sebesar 88%, respon \r\npeserta didik setelah menggunakan E-Moduldalam pembelajaran dengan \r\npersentase sebesar 86%. Hasil uji rata-rata N-Gain kemampuan pemecahan \r\nmasalah siswa setelah posttest sebesar 0,54 pada kategori sedang. Sehingga EModulberbasis project terintegrasi STEM pada materi pembiasan cahaya yang \r\ndikembangkan dinyatakan valid, praktis, dan efektif untuk melatihkan \r\nkemampuan pemecahan masalah siswa. \r\nKata Kunci: E-Modul, Kemampuan Pemecahan Masalah, Pembiasan Cahaya, \r\nProject, STEM.\r\n\r\nThis study aims to develop an E-Module based on an integrated STEM-assisted \r\nLMS project to train students' problem solving skills on light refraction material. \r\nThe research method uses the research and development (R&D) design of the \r\nBorg & Gall instructional media development model referring to the Dick & \r\nCarey model. The research method (R & D) developed by Borg and Gall \r\nconsisted of 10 stages which were then adapted into 3 stages, namely: 1) \r\nPreliminary Study, 2) Model Development, 3) Model Testing and \r\nImplementation. This research is a development research to develop an E-Module \r\nbased on an integrated STEM-assisted LMS project to practice problem solving \r\nskills on valid, practical, and effective light refraction material. The instruments \r\nused are non-test instruments in the form of expert validation sheets to determine \r\nthe validity of the developed E-Module, learning implementation observation \r\nsheets, student response questionnaires to determine the practicality of the EModules developed and tests in the form of problem-solving ability questions to \r\ndetermine the effectiveness of the E-Modules. developed. The validation results \r\nshow that the E-Module based on an integrated STEM-assisted LMS project on \r\nlight refraction material is declared valid with a content validation percentage of \r\n83.5%, a design validation percentage of 80%, and a construct validation \r\npercentage of 80.7%. Project-based STEM-integrated E-Modules on light \r\nrefraction material are stated to be practical in terms of the implementation of \r\nlearning using STEM-integrated project-based E-Modules with a percentage of \r\n88%, student responses after using E-Modules in learning with a percentage of \r\n86%. The results of the average N-Gain test of students' problem solving abilities \r\nafter the posttest were 0.54 in the medium category. So that the E-Module based \r\non the STEM integrated project on the light refraction material developed is \r\ndeclared valid, practical, and effective to train students' problem solving skills. \r\nKeywords: E-Module, Problem Solving Ability, Project, Refraction of Light , \r\nSTEM "^^ . "2021" . . . . . "Universitas Lampung"^^ . . . "FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, Universitas Lampung"^^ . . . . . . . . . "1923022019"^^ . "Retno Widiyanto "^^ . "1923022019 Retno Widiyanto "^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROJECT TERINTEGRASI\r\nSTEM BERBANTUAN LMS UNTUK MELATIHKAN \r\nKEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH (File PDF)"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROJECT TERINTEGRASI\r\nSTEM BERBANTUAN LMS UNTUK MELATIHKAN \r\nKEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH (File PDF)"^^ . . . "ABSTRAK - RETNO WIDIYANTO.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROJECT TERINTEGRASI\r\nSTEM BERBANTUAN LMS UNTUK MELATIHKAN \r\nKEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH (File PDF)"^^ . . . "TESIS TANPA PEMBAHASAN - RETNO WIDIYANTO.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROJECT TERINTEGRASI\r\nSTEM BERBANTUAN LMS UNTUK MELATIHKAN \r\nKEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROJECT TERINTEGRASI\r\nSTEM BERBANTUAN LMS UNTUK MELATIHKAN \r\nKEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROJECT TERINTEGRASI\r\nSTEM BERBANTUAN LMS UNTUK MELATIHKAN \r\nKEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROJECT TERINTEGRASI\r\nSTEM BERBANTUAN LMS UNTUK MELATIHKAN \r\nKEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROJECT TERINTEGRASI\r\nSTEM BERBANTUAN LMS UNTUK MELATIHKAN \r\nKEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROJECT TERINTEGRASI\r\nSTEM BERBANTUAN LMS UNTUK MELATIHKAN \r\nKEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROJECT TERINTEGRASI\r\nSTEM BERBANTUAN LMS UNTUK MELATIHKAN \r\nKEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROJECT TERINTEGRASI\r\nSTEM BERBANTUAN LMS UNTUK MELATIHKAN \r\nKEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROJECT TERINTEGRASI\r\nSTEM BERBANTUAN LMS UNTUK MELATIHKAN \r\nKEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROJECT TERINTEGRASI\r\nSTEM BERBANTUAN LMS UNTUK MELATIHKAN \r\nKEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROJECT TERINTEGRASI\r\nSTEM BERBANTUAN LMS UNTUK MELATIHKAN \r\nKEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROJECT TERINTEGRASI\r\nSTEM BERBANTUAN LMS UNTUK MELATIHKAN \r\nKEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROJECT TERINTEGRASI\r\nSTEM BERBANTUAN LMS UNTUK MELATIHKAN \r\nKEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROJECT TERINTEGRASI\r\nSTEM BERBANTUAN LMS UNTUK MELATIHKAN \r\nKEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROJECT TERINTEGRASI\r\nSTEM BERBANTUAN LMS UNTUK MELATIHKAN \r\nKEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #61265 \n\nPENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROJECT TERINTEGRASI \nSTEM BERBANTUAN LMS UNTUK MELATIHKAN \nKEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH\n\n" . "text/html" . . . "370 Pendidikan" . . . "530 Fisika" . .