@misc{eprints61267, title = {PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BAHASA INDONESIA PADA TEKS NARASI BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK SISWA KELAS VII SMP}, author = {1713041033 ELLY NUR FATIMAH}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2021}, url = {http://digilib.unila.ac.id/61267/}, abstract = {Masalah dalam penelitian ini ialah bagaimana pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) bahasa Indonesia pada teks narasi berbasis discovery learning untuk siswa kelas VII SMP dan kelayakannya sebagai bahan ajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mendeskripsikan kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada teks narasi berbasis discovery learning pada peserta didik kelas VII SMP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian dan pengembangan (research and development/R\&D). Prosedur pengembangan dilakukan berdasarkan teori Borg and Gall yang peneliti tetapkan sampai dengan 6 tahapan yang disesuaikan dengan kemampuan peneliti dan uji produk tidak bisa dilakukan kepada peserta didik karena adanya pandemi Covid-19. Enam tahapan yang peneliti gunakan, yaitu pengumpulan informasi, perencanaa produk, pengembangan produk, uji produk, revisi produk, dan akhir produk. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, instrumen ahli materi, instrumen ahli bahasa, dan instrumen pendidik. Hasil penelitian ini berupa LKPD mengidentifikasi unsur-unsur dan menceritakan kembali isi teks cerita fantasi berbasis discovery learning. LKPD tersebut memuat materi teks cerita fantasi, unsur-unsur, struktur, langkah-langkah, tugas individu, tugas kelompok, kegiatan penutup, dan ulangan harian. LKPD diujikan melalui pengisian instrumen kelayakan oleh dosen FKIP Universitas Lampung sebagai uji materi, uji kebahasaan, dan pendidik bahasa Indonesia SMP N 3 OKU sebagai uji praktisi. Hasil penelitian pengembangan LKPD bahasa Indonesia pada materi teks narasi berbasis discovery learning untuk siswa kelas VII SMP sudah sesuai dari hasil penilaian ahli materi dengan persentase 87,5\% kategori sangat layak, ahli bahasa dengan persentase 91,6\% kategori sangat layak, dan pendidik dengan persentase 79,1\% kategori sangat layak. Kata kunci: pengembangan, LKPD, discovery learning, teks narasi } }