%0 Generic %9 Other %A Dewi Sapitri, 1313093018 %C Universitas Lampung %D 2014 %F eprints:6127 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DI KELAS IV SDN 2 BERINGIN RAYA KECAMATAN KEMILING KOTA BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2014 / 2015 %U http://digilib.unila.ac.id/6127/ %X ABSTRAK UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DI KELAS IV SDN 2 BERINGIN RAYA KECAMATAN KEMILING KOTA BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2014 / 2015 Oleh Dewi Sapitri Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pemanfaatan model pembelajaran TGT untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS di kelas IV SDN 2 Beringin Raya Kecamatan Kemiling Kota Bandar Lampung Tahun Ajaran 2014/2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS menggunakan model pembelajaran TGT di kelas IV SDN 2 Beringin Raya Kecamatan Kemiling Kota Bandar Lampung Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian tindakan kelas ini, terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Alat pengumpulan data menggunakan instrumen berupa lembar pengamatan siswa dan kinerja guru dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian ini adalah terdapat rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I mencapai 70,83. Persentase keaktifan siswa mencapai 84% siswa atau 21 siswa dinyatakan aktif. Pada siklus II pencapaian rata-rata aktivitas siswa mencapai 78,50. Persentase keaktifan siswa mencapai 92% siswa atau 23 siswa dinyatakan aktif. rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 67,8. Persentase keaktifian siswa mencapai 80% siswa atau 20 siswa dinyatakan tuntas belajar. Pada siklus II pencapaian rata-rata aktivitas siswa mencapai 92% siswa atau 23 siswa yang dinyatakan tuntas belajar. Kata kunci: aktivitas belajar, hasil belajar dan model pembelajaran TGT