%0 Generic %A Yosy Fatmawati, 1713024054 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2021 %F eprints:61275 %I FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM %T PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN APLIKASI ZOOM BREAKOUT ROOMS TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK KELAS X SMA QUR’AN DARUL FATTAH BANDAR LAMPUNG %U http://digilib.unila.ac.id/61275/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model PBL berbantuan aplikasi Zoom Breakout Rooms terhadap kemampuan literasi sains peserta didik kelas X SMA Qur’an Darul Fattah Bandar Lampung pada materi perubahan lingkungan. Desaian yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonequivalent pretest-postest control grub design. Sampel berjumlah 24 peserta didik yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling yakni kelas X IPA A dan X IPA B. Data dalam penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dari rata-rata nilai pretest, posttest dan N-gain yang kemudian dianalisis secara statistik menggunakan Independent sample t-test pada taraf signifikansi 5% melalui program SPSS 26.0. Hasil menunjukkan rata-rata N-gain kelas (55,71 ± 22,51) dengan katagori sedang dan kelas kontrol (19,50 ± 16,90) dengan katagori rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model PBL berbantuan Zoom Breakout Rooms terhadap kemampuan literasi sains peserta didik pada materi perubahan lingkungan. Kata Kunci : Problem Based Learning, Zoom Breakout Rooms, Literasi Sains