<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . "PAY LATER DAN KAUM MILENIAL\r\n(Studi Perubahan Sosial Pola Konsumtif Kaum Milenial)"^^ . "\r\nThis study aims to determine the advantages and disadvantages, the causative \r\nfactors, the impact of changes in consumption patterns and strategies in using Pay \r\nLater. The background of this research is the widespread use of Pay Later which is \r\ncurrently growing rapidly in the digital era and changing the consumption patterns \r\nof the millennial generation. This study uses a qualitative research method with a \r\nphenomenological approach. The method of data collection is done by means of indepth interviews, observation and documentation. The data analysis method used \r\nis an interactive analysis model and test the validity of the data using observation \r\nextension, observer persistence, reference adequacy and informant review. The \r\nconclusion of this research is that millennials have understood Pay Later and got \r\ninformation about Pay Later from downloaded e-commerce applications and from \r\nfriends' recommendations. Informants use it when they really need something, when \r\nthere is no money and some use it because they are chasing existing discounts or \r\npromos. The advantages of Pay Later are that it facilitates one's needs when they \r\nare experiencing financial difficulties and the process is fast and can be used as \r\nbusiness capital, while the disadvantages have the potential to result in wasteful \r\nnature later, existing interest and limit restrictions. Factors for using Pay Later are \r\nthe encouragement of millennial lifestyle and lifestyle needs, the ease of use and \r\nactivation of Pay Later, the instant use process, friend recommendations, and \r\npromos. The positive impact of Pay Later in changing consumption patterns of the \r\nmillennial generation is that they are accustomed to non-cash transactions, helping \r\nand facilitating all consumption needs of users and being used as business capital, \r\nwhile the negative impact is shaping a consumptive and wasteful lifestyle. \r\nRegarding the strategies used by the millennial generation in using Pay Later, they \r\nare limiting the use of limits, not accumulating bills, having a steady income, saving \r\nand being more careful in choosing products, not being affected by products that \r\nare viral on social media and not opening existing e-commerce applications.\r\nKeyword: Pay Later, millennial, consumptive, \r\n\r\nPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan, faktor \r\npenyebab, dampak perubahan pola konsumsi dan strategi-strategi dalam \r\nmenggunakan Pay Later. Latar belakang penelitian ini adalah maraknya \r\npenggunaan Pay Later yang saat ini sedang berkembang pesat di era digital dan \r\nmerubah pola konsumsi generasi milenial. Penelitian ini menggunakan metode \r\npenelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Metode pengumpulan data \r\nyang dilakukan dengan cara wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. \r\nMetode analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif dan uji \r\nvaliditas data menggunakan perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamat, \r\nkecukupan referensi dan review informan. Kesimpulan penelitian ini diketahui \r\nkaum milenial telah memahami Pay Later dan mendapatkan informasi tentang Pay \r\nLater dari aplikasi e-commerce yang diunduh dan dari rekomendasi teman. \r\nInforman menggunakannya saat sangat membutuhkan sesuatu, sedang tidak ada \r\nuang dan ada yang memakai karena mengejar diskon atau promo yang ada. \r\nKelebihan Pay Later adalah memudahkan kebutuhan seseorang di kala sedang \r\nmengalami kesulitan keuangan dan proses yang cepat serta dapat dijadikan modal \r\nusaha, sedangkan kekurangannya berpotensi mengakibatkan sifat boros nantinya, \r\nbunga yang ada dan adanya pembatasan limit. Faktor penggunaan Pay Later adalah \r\ndorongan kebutuhan hidup dan gaya hidup milenial itu sendiri, kemudahan \r\npenggunaan dan aktivasi Pay Later, proses penggunaan yang instan, adanya \r\nrekomendasi teman, serta adanya promo. Dampak positif Pay Later dalam \r\nperubahan pola konsumsi generasi milenial adalah terbiasa melakukan transaksi \r\nsecara non-tunai, membantu dan memudahkan segala kebutuhan konsumsi \r\npenggunanya dan digunakan sebagai modal usaha, sedangkan dampak negatifnya \r\nmembentuk gaya hidup konsumtif dan membuat boros. Terkait strategi yang \r\ndipakai generasi milenial dalam menggunakan Pay Later adalah pembatasan \r\npemakaian limit, tidak menumpuk tagihan, memiliki penghasilan tetap, menabung \r\ndan lebih cermat dalam memilih produk, tidak terpengaruh produk yang viral di \r\nmedia sosial dan tidak membuka aplikasi e-commerce yang ada.\r\nKata kunci: Pay Later, milenial, konsumtif, pola konsumsi"^^ . "2021" . . . . . "FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK"^^ . . . . . . . "1716011062"^^ . "M AL IQBAL DESTRIO YUSRI"^^ . "1716011062 M AL IQBAL DESTRIO YUSRI"^^ . . . . . . "PAY LATER DAN KAUM MILENIAL\r\n(Studi Perubahan Sosial Pola Konsumtif Kaum Milenial) (File PDF)"^^ . . . "1. ABSTRAK (ABSTRACT IQBAL.pdf"^^ . . . "PAY LATER DAN KAUM MILENIAL\r\n(Studi Perubahan Sosial Pola Konsumtif Kaum Milenial) (File PDF)"^^ . . . "PAY LATER DAN KAUM MILENIAL\r\n(Studi Perubahan Sosial Pola Konsumtif Kaum Milenial) (File PDF)"^^ . . . "3. SKRIPSI TANPA IQBAL.pdf"^^ . . . "PAY LATER DAN KAUM MILENIAL\r\n(Studi Perubahan Sosial Pola Konsumtif Kaum Milenial) (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PAY LATER DAN KAUM MILENIAL\r\n(Studi Perubahan Sosial Pola Konsumtif Kaum Milenial) (Other)"^^ . . . . . . "PAY LATER DAN KAUM MILENIAL\r\n(Studi Perubahan Sosial Pola Konsumtif Kaum Milenial) (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PAY LATER DAN KAUM MILENIAL\r\n(Studi Perubahan Sosial Pola Konsumtif Kaum Milenial) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PAY LATER DAN KAUM MILENIAL\r\n(Studi Perubahan Sosial Pola Konsumtif Kaum Milenial) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PAY LATER DAN KAUM MILENIAL\r\n(Studi Perubahan Sosial Pola Konsumtif Kaum Milenial) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PAY LATER DAN KAUM MILENIAL\r\n(Studi Perubahan Sosial Pola Konsumtif Kaum Milenial) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PAY LATER DAN KAUM MILENIAL\r\n(Studi Perubahan Sosial Pola Konsumtif Kaum Milenial) (Other)"^^ . . . . . . "PAY LATER DAN KAUM MILENIAL\r\n(Studi Perubahan Sosial Pola Konsumtif Kaum Milenial) (Other)"^^ . . . . . . "PAY LATER DAN KAUM MILENIAL\r\n(Studi Perubahan Sosial Pola Konsumtif Kaum Milenial) (Other)"^^ . . . . . . "PAY LATER DAN KAUM MILENIAL\r\n(Studi Perubahan Sosial Pola Konsumtif Kaum Milenial) (Other)"^^ . . . . . . "PAY LATER DAN KAUM MILENIAL\r\n(Studi Perubahan Sosial Pola Konsumtif Kaum Milenial) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PAY LATER DAN KAUM MILENIAL\r\n(Studi Perubahan Sosial Pola Konsumtif Kaum Milenial) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PAY LATER DAN KAUM MILENIAL\r\n(Studi Perubahan Sosial Pola Konsumtif Kaum Milenial) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PAY LATER DAN KAUM MILENIAL\r\n(Studi Perubahan Sosial Pola Konsumtif Kaum Milenial) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #61276 \n\nPAY LATER DAN KAUM MILENIAL \n(Studi Perubahan Sosial Pola Konsumtif Kaum Milenial)\n\n" . "text/html" . . . "300 Ilmu sosial" . . . "301 Sosiologi dan antropologi" . .