@misc{eprints61286, title = {PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU EDMODO TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK KELAS X MAN 1 PRINGSEWU PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN}, author = {1753024003 Laily Fatimatuzzahra}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM}, year = {2021}, url = {http://digilib.unila.ac.id/61286/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbantu Edmodo terhadap kemampuan literasi sains peserta didik kelas X MAN 1 Pringsewu pada pelajaran Biologi materi perubahan lingkungan. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi-ekperimen dengan desain kelompok kontrol Pretest-Postest Non-equivalent (The Non-equivalent Control Group Desaign). Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MAN 1 Pringsewu Tahun Pelajaran 2020/2021 dengan sampel sebanyak 72 peserta didik yang diambil dari dua kelas yaitu kelas X MIA 1 dan X MIA 2 yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data rata-rata nilai N-gain sebagai hasil kemampuan literasi sains dianalisis dengan uji Independent Sample t-Test dengan taraf signifikansi {\ensuremath{\alpha}} = 0,05 dan dianalisis dengan menggunakan program SPSS 26.0 For Windows. Data angket tanggapan peserta didik terhadap Edmodo dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji Independent Sample t-Test Sig. (2-tailed) 0,000 {\ensuremath{<}} 0,05 yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan model Problem Based Learning berbantu Edmodo terhadap kemampuan literasi sains peserta didik. Kata Kunci : Problem Based Learning, Edmodo, Kemampuan Literasi Sains } }