@misc{eprints61300, title = {ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN DARING (WHATSAPP GROUP) MATERI ENZIM DAN METABOLISME SEL}, author = {1613024043 TITIS SITI NUR HIDAYATI}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM}, year = {2021}, url = {http://digilib.unila.ac.id/61300/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan representasi peserta didik pada pembelajaran daring (Whatsapp Group) materi enzim dan metabolisme sel serta mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran daring menggunakan Whatsapp Group. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XII IPA SMA Negeri 1 Seputih Agung tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 146 peserta didik. Sampel penelitian terdiri atas 70 peserta didik yang dipilih dari populasi dengan teknik cluster random sampling. Desain penelitian ini, menggunakan desain One Shot Case Study. Pada penelitian ini, data kemampuan representasi diperoleh dari tes essay dan data respon peserta didik diperoleh dari kuisioner. Data kemampuan representas dianalisis dan diberi skor sesuai dengan rubrik penskoran, kemudian digolongkan berdasarkan 5 kategori kemampuan, sementara data respon peserta didik dianalisis dan dikategorikan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan representasi peserta didik termasuk pada kategori sedang (21-30) dengan presentase sebesar 65,7\%. Sedangkan peserta didik memberikan respon yang baik terhadap pembelajaran daring (Whatsapp Group) pada materi pokok enzim dan metabolisme sebesar 79,23\% dan tergolong dalam kategori ?Baik?. Kata Kunci: kemampuan representasi, pembelajaran daring, enzim dan metabolisme sel} }