@misc{eprints61303, title = {PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU KOMIK DIGITAL TERHADAP LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS VII DI SMP NEGERI 12 BANDAR LAMPUNG}, author = {1753024002 Arrum Ardila Faros}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM}, year = {2021}, url = {http://digilib.unila.ac.id/61303/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model PBL berbantu komik digital terhadap kemampuan literasi sains peserta didik pada materi pencemaran lingkungan kelas VII di SMP Negeri 12 Bandar Lampung. Jenis penelitian ini Quasi experimental tipe nonequivalent control group design. Sampel penelitian menggunakan 2 kelas, yaitu kelas VII A dan VII F yang berjumlah 55 peserta didik dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh dari rata-rata nilai pretest dan posttest, kemudian ditransformasikan dalam bentuk N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji Independent Sample T-Test melalui program SPSS V. 25.0. Data angket tanggapan peserta didik dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dianalisis secara deskriptif. Rata-rata N-gain kemampuan literasi sains kelas eksperimen (0,42 {$\pm$} 0,171) dengan kategori sedang dan kelas kontrol (0,26 {$\pm$} 0,17) dengan kategori rendah. Angket tanggapan peserta didik terhadap komik digital pada kelas eksperimen memiliki persentase rata-rata 89\%, sedangkan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran model PBL kelas eksperimen memiliki persentase rata-rata 96\%. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Sig. (2-tailed) 0,001 {\ensuremath{<}} 0,05, yang berarti terdapat pengaruh model PBL berbantu komik digital terhadap kemampuan literasi sains peserta didik pada materi pencemaran lingkungan. Kata Kunci : Model PBL, Komik Digital, Literasi Sains} }