%0 Generic %A Novita Ristiani, 1763024001 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2021 %F eprints:61306 %I FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM %T PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTU EDMODO TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 BARADATU PADA MATERI POKOK EKOSISTEM %U http://digilib.unila.ac.id/61306/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning berbantu Edmodo terhadap kemampuan literasi sains peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Baradatu pada materi pokok ekosistem. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasy experiment dengan teknik Pretest-Posttest Non Equivalent Control Group Design. Sampel penelitian yang digunakan adalah peserta didik kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 3 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data rata-rata nilai pretest, posttest, dan N-gain sebagai hasil peningkatan kemampuan Literasi Sains peserta didik dianalisis dengan uji Independen Sample t-test. Angket tanggapan peserta didik dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dianalisis dengan deskripsi persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji t-test Sig. (2-tailed) 0.000 < 0,005 yang berarti model discovery learning berbantu Edmodo berpengaruh signifikan terhadap kemampuan literasi sains. Selain itu, hasil analisis tanggapan peserta didik terhadap Edmodo memiliki kriteria tanggapan yang baik dan hasil analisis lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran memiliki kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model discovery learning berbantu Edmodo berpengaruh signifikan terhadap kemampuan literasi sains peserta didik pada materi pokok ekosistem. Kata Kunci : Discovery Learning, Edmodo, Literasi Sains, Ekosistem