TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints61309 UR - http://digilib.unila.ac.id/61309/ A1 - Pipit Anggraeni, 1513024077 Y1 - 2021/// N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode diskusi melalui google classroom terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik SMA Negeri 2 Bandar Lampung pada materi keanekaragaman hayati. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA 2 SMA Negeri 2 Bandar Lampung berjumlah 35 orang. Penelitian eksperimen semu ini menggunakan desain One-Group Pretest-Posttest Design. Data nilai keterampilan berpikir kritis yang diambil dari tes essay. Sedangkan data tanggapan peserta didik dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata N-gain keterampilan berpikir kritis peserta didik yang diperoleh adalah sebesar 0,61 dengan kategori sedang. Indikator keterampilan berpikir kritis yang memiliki peningkatan paling tinggi akibat penggunaan Google Classroom yaitu indikator memberikan penjelasan lanjut dengan N-gain sebesar 0,77 dan yang terendah yaitu indikator menyimpulkan dengan N-gain sebesar 0,09. Perolehan N-gain tiap indikator keterampilan berpikir kritis yaitu memberikan penjelasan sederhana 0,6; membangun keterampilan dasar 0,55; menyimpulkan 0,09; memberikan penjelasan lanjut 0,77; strategi dan taktik 0,63. Dengan demikian, diskusi menggunakan aplikasi Google Classroom efektif dalam menumbuhkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Kata kunci: Keterampilan Berpikir Kritis, Diskusi, Google Classroom. PB - FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM TI - EFEKTIVITAS DISKUSI MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMA NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG AV - restricted ER -