%A 1753024005 Shalsadinda Dewi Safitra %T PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTU GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATERI POKOK EKOSISTEM DI SMA NEGERI 16 BANDAR LAMPUNG %X Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan model discovery learning berbantu google classroom terhadap kemampuan literasi sains peserta didik kelas X pada materi pokok ekosistem. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 16 Bandar Lampung menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain pretest- posttest non-equivalent. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA 2 dan X MIPA 3 yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Data dianalisis secara statistik dengan uji independent sample t-test menggunakan bantuan program SPSS 22.0. Hasil rata-rata N-gain kemampuan literasi sains kelas eksperimen (0,45 ? 0,11) berada pada kategori sedang dan kelas kontrol (0,29 ? 0,14) pada kategori rendah. Angket tanggapan peserta didik dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dianalisis secara deksriptif. Persentase rata-rata untuk angket tanggapan peserta didik adalah 83,75% dengan kategori tinggi sedangkan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran memiliki rata-rata persentase sebesar 94,4% dengan kategori sangat baik. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai signifikasi (0,000 < 0,05) yang berarti terdapat pengaruh penggunaan model discovery learning berbantu google classroom terhadap kemampuan literasi sains peserta didik kelas X pada materi pokok ekosistem di SMA Negeri 16 Bandar Lampung. Kata kunci: Discovery Learning, Google Classroom, Literasi Sains %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2021 %I FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM %L eprints61312