creators_name: Alfredo Raja Sagala, 1516031054 creators_id: alfredorajasagala@gmail.com type: other datestamp: 2022-05-19 07:41:50 lastmod: 2022-05-19 07:41:50 metadata_visibility: show title: REPRESENTASI KECANTIKAN DALAM KONSEP 3B BRAIN, BEAUTY & BEHAVIOUR (Studi Analisis Semiotika John Fiske Pada Tayangan Miss Universe 2019 di Youtube) ispublished: pub subjects: 300 full_text_status: restricted abstract: Kecantikan masih menjadi persoalan kaum perempuan, selalu diperdebatkan mengenai pendefinisian dan standarisasi ditengah masyarakat. Objek dalam penelitian ini yaitu “Beauty Pageant” atau Kontes Kecantikan, dimana kecantikan perempuan diadu, diperlombakan dan memilih satu yang dianggap paling sempurna, cantik, mendapat gelar sebagai perempuan terbaik dari kontes tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana representasi kecantikan dalam konsep 3B Brain, Beauty & Behaviour yang ditampilkan dalam ajang kontes kecantikan Miss Universe tahun 2019. Menggunakan teori representasi dengan tiga aspek Reflektif, disengaja, dan kritis, dengan pendekatan kualitatif, tipe analisis deskriptif metode yang digunakan yaitu analisis semiotika John Fiske. Hasil penelitian menjelaskan bahwa dalam konsep Brain, finalis Miss Universe memiliki fokus berbeda, pengetahuan umum yang up to date. dapat mengedukasi masyarakat mengenai adat dan budaya. Konsep Beauty merepresentasikan perempuan tidak cukup terlihat cantik secara fisik luar, tetapi cantik dengan penuh semangat, aktif dan enerjik dan menggalakan tentang “Inner Beauty”. Konsep Behaviour merepresentasikan bahwa perempuan harus menjadi sosok yang kuat dan berani, dapat bekerja menjadi insan yang berguna, menjadi panutan, memiliki tanda cinta kasih serta peduli terhadap sesama. Kata Kunci : Representasi Kecantikan, Semiotika, Miss Universe 2019. Beauty is still a problem for women, always debated about the definition and standardization in society. The object of this research is the "Beauty Pageant" or Beauty Contest, where female beauty is contested, contested and chooses the one that is considered the most perfect, beautiful, and gets the title as the best woman from the contest. The purpose of this study is to find out how the representation of beauty in the 3B Brain, Beauty & Behavior concept displayed in the 2019 Miss Universe beauty pageant. Using representation theory with three aspects Reflective, intentional, and constructivist, with a qualitative approach, the type of descriptive analysis method used namely John Fiske's semiotic analysis. The results of the study explain that in the concept of Brain, the Miss Universe finalists have a different focus, up to date general knowledge. can educate the public about customs and culture. The concept of Beauty represents that it is not enough for women to look physically beautiful on the outside, but to be beautiful with enthusiasm, active and energetic and promote “Inner Beauty”. The Behavior concept represents that women must be strong and courageous figures, be able to work as useful people, be role models, have signs of love and care for others. Keywords: Beauty Representation, Semiotic, Miss Universe 2019. date: 2021 date_type: published publisher: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: Alfredo Raja Sagala, 1516031054 (2021) REPRESENTASI KECANTIKAN DALAM KONSEP 3B BRAIN, BEAUTY & BEHAVIOUR (Studi Analisis Semiotika John Fiske Pada Tayangan Miss Universe 2019 di Youtube). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/61325/1/ABTRAK%20-%20Alfredo%20Raja%20Sagala.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/61325/2/SKRIPSI%20ALFREDO%20RAJA%20SAGALA%20-%20Alfredo%20Raja%20Sagala.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/61325/3/SKRIPSI%20FULL%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN%20-%20Alfredo%20Raja%20Sagala.pdf