TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints61337 UR - http://digilib.unila.ac.id/61337/ A1 - Yolanda Novita Sari, 1716011040 Y1 - 2021/// N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dinamika, dan strategi pelaku usaha pada UMKM dalam bidang kuliner di Kelurahan Kampung Baru, Kota Bandar Lampung. Metode yang digunakan adalah deskriptif dalam penelitian kualitatif dengan menggunakan sumber data primer, dan data sekunder. Informan penelitian sebanyak 15 pemilik/pelaku usaha UMKM dalam bidang kuliner. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara secara langsung dengan narasumber, dan dokumentasi. Teknik analisis dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan langkah terakhir penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada saat pandemi covid-19 berlangsung, semua pelaku usaha merasakan dinamika berupa penurunan yang sangat besar serta penaikan yang kecil dalam pendapatan yang diterima. Hal tersebut, membuat rata-rata pemilik/pelaku usaha harus melakukan strategi dapat berupa penjualan melalui media sosial, bekerjasama dengan transportasi berbasis aplikasi, dan layanan pengiriman ekslusif. Kata kunci: dinamika, pandemi covid-19, strategi, UMKM. This study aims to describe the dynamics, and strategies of business actors in SMEs in the culinary field in Kampung Baru Village, Bandar Lampung City. The method used is descriptive in qualitative research using primary data sources, and secondary data. The research informants were 15 owners/entrepreneurs of MSMEs in the culinary field. Data was collected using observation, direct interviews with sources, and documentation. The analysis technique is carried out by collecting data, reducing data, presenting data, and the last step is drawing conclusions or verification. The results of this study indicate that during the covid-19 pandemic, all business actors felt the dynamics of a very large decline and a small increase in income received. This makes the average owner/business actor have to carry out a strategy that can be in the form of selling through social media, collaborating with application-based transportation, and exclusive delivery PB - FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK TI - DINAMIKA USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) PADA SAAT PANDEMI COVID-19 (Studi Pada UMKM Dalam Bidang Kuliner di Kelurahan Kampung Baru, Kota Bandar Lampung) AV - restricted ER -