@misc{eprints61341, title = {PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN STEM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN STEM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR}, author = {1713053006 NUR RIDHA UTAMI}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2021}, url = {http://digilib.unila.ac.id/61341/}, abstract = {Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik di Sekolah Dasar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara pendekatan STEM terhadap kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen dengan metode quasi experimental design. Populasi penelitian ini berjumlah 59 peserta didik dan sampel penelitian berjumlah 29 peserta didik. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Instrumen pengumpulan data berupa tes dan non tes, yang sebelumnya diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan rumus kolmogorov smirnov. Kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen dan non eksperimen memiliki perbedaan nilai yaitu 68,695 pada kelas eksperimen dan 61,250 pada kelas non eksperimen dengan r hitung {\ensuremath{>}} r tabel yaitu 0,685 {\ensuremath{>}} 0,367. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan pendekatan STEM terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V SD Tri Sukses Natar tahun ajaran 2020/2021. Kata kunci: kemampuan berpikir kritis, pendekatan STEM The problem of this study was the low ability to think critically of students in elementary school. The purpose of this study is to determine the significant influence between STEM approaches to critical thinking skills. This study includes a type of experimental research with quasi experimental design. The population of this study was 59 students and the research sample numbered 29 students. This research data collection technique uses tests and observations. Data collection instruments in the form of tests and non-tests previously tested for validity and reliability. Data analysis techniques using kolmogorov smirnov formula. Critical thinking ability of experimental and non-experimental classes had a difference of 68,965 in the experimental class and 61,250 in the non-experimental class with the r count {\ensuremath{>}} r table is 0,685 {\ensuremath{>}} 0,367. The results of the study show that there is a significant effect of the STEM approach on students critical thinking skills in grade 5th primary school Tri Sukses Natar Academic Year 2020/2021. Key words: critical thinking skills, STEM approach} }