TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints61346 UR - http://digilib.unila.ac.id/61346/ A1 - Luthfinadya Damayanti Hendratno, 1753025001 Y1 - 2021/// N2 - Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk (1) mengetahui validitas media pembelajaran interaktif berbasis Augmented Reality pada materi perakitan komputer (2) mengetahui kemudahan dan kemenarikan media pembelajaran interaktif berbasis Augmented Reality pada materi perakitan komputer. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode Reaserch and Development dan jenis penelitian yang digunakan megadaptasi desain penelitian oleh ADDIE yang terdiri dari empat tahap yaitu (1) analisis, (2) desain, (3) pengembangan, (4) implemtasi, dan (5) evaluasi. Namun penelitian ini dibatsai tiga tahap yaitu, analisis, desain, dan pengembangan. Hasil uji kevalidan ahli media yang diujikan kepada dua ahli menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis Augmented Reality yang dikembangkan dinyatakan sangat valid dengan nilai Aiken?s V 0,857 dan kevalidan ahli materi yang diujikan kepada dua ahli menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis Augmented Reality yang dikembangkan dinyatakan sangat valid dengan nilai Aiken?s V 0,968. Selanjutnya hasil uji kemenarikan dan kemudahan yang diujikan kepada 30 peserta didik kelas X program keahlian Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 7 Bandarlampung didapatkan hasil skor kemenarikan 3,26 dengan kategori sangat menarik dan hasil kemudahan didapatkan hasil skor 3,3 dengan kategori sangat menarik. Media pembelajaran Augmented Reality dinyatakan menarik dan mudah digunakan oleh peserta didik tetapi perlu ada tindakan lebih lanjut yaitu uji coba pemakaian di kelas untuk mengetahui tingakat keefektifan dari media pembelajaran Augmented Reality pada materi perakitan komputer Kata Kunci: Media Pembelajaran, Augmented Reality, Perakitan Komputer PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATERI PERAKITAN KOMPUTER AV - restricted ER -