@misc{eprints61463, title = {PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI RAYON KAGUNGAN RATU KECAMATAN TULANG BAWANG TENGAH}, author = {1713053018 Yuli Wahyu Anggraini}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2021}, url = {http://digilib.unila.ac.id/61463/}, abstract = {Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar tematik peserta didik kelas IV SD Negeri Rayon Kagungan Ratu Kecamatan Tulang Bawang Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh perilaku disiplin belajar dan lingkungan sosial terhadap hasil belajar tematik. Desain penelitian yang digunakan adalah non eksperimental dengan pendekatan penelitian survey explanatory. Penelitian ini menggunakan proporsionate stratified random sampling dengan subjek penelitian semua peserta didik kelas IV SD Negeri 1 dan SD Negeri 3 Kagungan Ratu dengan total 44 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan non-tes, analisis data menggunakan regresi linier sederhana dan berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh perilaku disiplin belajar dan lingkungan sosial terhadap hasil belajar tematik peserta didik kelas IV SD Negeri Rayon Kagungan Ratu Kecamatan Tulang Bawang Tengah dengan hasil 0,839. Kata kunci : disiplin belajar, hasil belajar, lingkungan sosial The problem in this research is the low the thematic learning outcomes of the fourth grade students of SD Negeri Rayon Kagungan Ratu Kecamatan Tulang Bawang Tengah. The purpose of this study was to determine the effect of learning discipline behavior and social environment on thematic learning outcomes. The research design used was non-experimental with a survey explanatory research approach. This study used proportional stratified random sampling with the research subjects of all fourth grade students of SD Negeri 1 and SD Negeri 3 Kagungan Ratu with a total of 44 people. Data collection techniques using non- test, data analysis using simple and multiple linear regression. The results showed that there was an influence of the learning discipline behavior and social environment on the thematic learning outcomes of the fourth grade students of SD Negeri 1 Rayon Kagungan Ratu Kecamatan Tulang Bawang Tengah result 0,839. Keywords: learning discipline, learning outcomes, social environment} }