@mastersthesis{eprints61498, title = {PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK SEBAGAI SUPLEMEN PEMBELAJARAN KEMAGNETAN UNTUK MENSTIMULUS HOTS BAGI SISWA SMA}, school = {Universitas Lampung}, author = {1823022013 Novvia Mega Puspita}, year = {2021}, url = {http://digilib.unila.ac.id/61498/}, abstract = { Penelitian ini bertujuan mengembangkan m-learning dengan pendekatan saintifik sebagai suplemen pembelajaran kemagnetan untuk menstimulus HOTS siswa SMA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang memuat lima tahap penelitian yang meliputi analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Pada tahap implementasi sampel penelitian adalah siswa kelas XII SMA Negeri 1 Airnaningan Kabupaten Tanggamus, sampel diambil secara cluster random sampling yaitu peserta didik kelas XII IPA 1 sebagai kelas kontrol dan XII IPA 2 sebagai kelas eksperimen. Setelah dilakukan tahap validasi isi dan desain yang dilakukan oleh ahli dan praktisi, diperoleh rata-rata 3,48 dan dinyatakan sangat valid. Selanjutnya kepraktisan produk yang ditunjukkan melalui respon respon siswa dengan ini rata-rata keterbacaan 3,41 dan kemudahan 3,52 dengan kriteria sangat baik. Sedangkan efektivitas keterampilan HOTS yang diperoleh dari hasil pretest dan posttest keterampilan HOTS pada materi kemagnetan dengan nilai NGain kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol dan nilai effect size 0,27 dalam kategori sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa m-learning dengan pendekatan saintifik sebagai suplemen pembelajaran kemagnetan efektif untuk menstimulus HOTS siswa SMA. Kata kunci: M-learning, Pendekatan Saintifik, Suplemen pembelajaran, Kemagnetan, Stimulus, HOTS} }