TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints615 UR - http://digilib.unila.ac.id/615/ A1 - , Dista Raflia Y1 - 2011/09/23/ N2 - Penelitian berjudul ?Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Keterampilan Berbicara Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Pada Siswa Kelas V SD Negeri 01 Tempuran Lampung Tengah? dilatarbelakangi oleh pemikiran bahwa penyempurnaan dan peningkatan pembelajaran bahasa Indonesia harus terus diupayakan. Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar bahasa Indonesia khususnya keterampilan berbicara siswa mencapai 5,8 sedangkan KKM yang telah ditentukan guru adalah 6,5. Tujuan utama penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar keterampilan berbicara melalui pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada siswa kelas V SD Negeri 01 Tempuran Lampung Tengah. Pelaksanaan penelitian dilakukan dalam tiga siklus tindakan pembelajaran dengan subjek penelitian siswa dan guru kelas V pada tahun ajaran 2009-2010. Metode yang digunakan dalam penelitian ini berupa metode deskriptif kualitatif dengan jenis classroom action research (PTK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berbicara melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan Aktivitas dan hasil belajar keterampilan berbicara siswa. Hal ini, dapat dilihat dari perkembangan nilai rata-rata aktivitas yang telah dicapai siswa pada siklus I sampai siklus III, pada siklus I adalah 62,60%, siklus II: 68,90%, dan pada siklus III: 75,65%. Begitu pula dengan hasil belajar keterampilan berbicara meningkat pada tiap siklusnya. Rata-rata hasil belajar keterampilan berbicara siklus I: 56,48, siklus II: 68,15, dan siklus III: 73,52. Kata Kunci : Keterampilan berbicara, Pembelajaran Kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD). PB - Fakultas KIP TI - PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 01 TEMPURAN LAMPUNG TENGAH AV - restricted ER -