TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints61511 UR - http://digilib.unila.ac.id/61511/ A1 - Anies Syahfitri, 1513024045 Y1 - 2022/04/13/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan representasi siswa X SMA Negeri 01 Banjar Margo dalam mengelompokkan jamur melalui pembelajaran daring dengan media mind mapping pada materi ?Jamur?. Penelitian ini menggunakan metode Quasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 01 Banjar Margo dengan pengambilan sampel menggunakan tehnik Purposive Sampling yaitu sebanyak 60 siswa. Instrumen penelitian menggunakan soal pretest-posttest berbentuk essay yang berjumlah 10 soal dan lembar kuisoner tanggapan siswa yang berisi 10 pernyataan. Data nilai pretest-posttest dianalisis dengan uji Independent T-test dan uji N-gain sedangkan data tanggapan siswa terhadap pembelajaran daring dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan representasi siswa pada bentuk representasi verbal memiliki nilai N-gain tertinggi karena siswa mampu menjawab soal dengan disertai penjelasan yang sesuai, sedangkan kemampuan representasi siswa pada bentuk representasi bagan memiliki nilai N-gain rendah karena dari banyaknya siswa kurang mampu dalam membuat bagan dan disertai konsep siklus hidup pada jamur divisi Zygomycota, kemudian kemampuan representasi siswa pada bentuk representasi tabel dan representasi gambar memiliki nilai N-gain berkriteria sedang karena sebagian siswa mampu menjawab soal dalam bentuk tabel atau gambar dan disertai penjelasan yang sesuai walaupun masih ada siswa yang mengalami kesulitan dalam menggambar struktur jamur. Kata kunci: Kemampuan representasi, jamur, dan pembelajaran daring. PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI SISWA KELAS X MELALUI PEMBELAJARAN DARING DENGAN MEDIA MIND MAPPING PADA MATERI JAMUR DI SMAN 01 BANJAR MARGO AV - restricted ER -