@misc{eprints6152, month = {Desember}, title = {FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN JASA KJKS BMT FAJAR PRINGSEWU}, author = {1016051085 Hari Candra}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik}, year = {2014}, url = {http://digilib.unila.ac.id/6152/}, abstract = {ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya variabel pengaruh lingkungan (nilai religius, kelompok referensi, kepercayaan dan sikap, pengaruh pribadi) dan variabel stimuli pemasaran (product, price, promotion, place) terhadap keputusan konsumen dalam menggunakan jasa KJKS BMT Fajar Pringsewu, penelitian ini menggunakan kusioner sebagai instrument untuk mengambil sampel sebanyak 94 orang responden, yang merupakan anggota KJKS BMT Fajar Pringsewu, sementara analisis data dengan regresi linier berganda. Hasil analisis data dengan menggunakan regresi linier berganda menunjukan bahwa secara parsial variabel pengaruh lingkungan (X1) berpengaruh signifikan terhadap keputusan menggunakan jasa (Y), sedangkan variabel stimuli pemasaran (X2) berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan menggunakan jasa (Y). Secara simultan variabel pengaruh lingkungan dan stimuli pemasaran secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan menggunakan jasa.. Oleh karena itu, KJKS BMT Fajar Pringsewu sebaiknya lebih fokus memperhatikan strategi bauran pemasaran untuk mengembangkan lembaga keuangan syariah yang sesuai dengan syariah Islam. Kata kunci : Pengaruh Lingkungan, Stimuli Pemasaran dan Keputusan Menggunakan Jasa ABSTRACT This study aims to determine the influence of environmental variables (religious values, reference groups, beliefs and attitudes, personal influence) and marketing stimulus variables (product, price, promotion, place) to the consumer's decision to use the services of KJKS BMT Fajar Pringsewu. This study used a questionnaire as an instrument for taking a sample of 94 respondents, who are members of KJKS BMT Fajar Pringsewu, while the analysis of the data used is multiple linear regression. The results of data analysis using multiple linear regression showed that in partial influence of the environment (X1) significantly influence the decision to use the services (Y), while the marketing stimulus variables (X2) no significant effect on the decision to use the services (Y). Simultaneously variable environmental influences and marketing stimulus jointly significant effect on the decision to use the services. Therefore, KJKS BMT Fajar Pringsewu should focus more attention to the marketing mix strategy to develop Islamic financial institutions in accordance with the Islamic syariah. Keywords: Environmental influence, Marketing Stimulus, Decision Using Services } }