<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) BERBASIS\r\nAUGMENTED REALITY PADA MATERI LISTRIK DINAMIS \r\nUNTUK MENSTIMULUS BERPIKIR KRITIS SISWA"^^ . "ABSTRAK\r\nPENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) BERBASIS\r\nAUGMENTED REALITY PADA MATERI LISTRIK DINAMIS \r\nUNTUK MENSTIMULUS BERPIKIR KRITIS SISWA\r\nOleh:\r\nRomy Desmara Fendi\r\nKeterampilan berpikir kritis perlu distimulus dalam diri siswa karena sudah \r\nmenjadi kebutuhan manusia abad 21. Studi pendahuluan menunjukkan masih \r\nrendahnya kemampuan berpikir kritis siswa sehingga pembelajaran kurang \r\nefektif. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan LKS berbasis AR pada \r\nmateri listrik dinamis yang valid, praktis, dan efektif untuk menstimulus berpikir \r\nkritis siswa. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang \r\nterdiri atas analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Pada \r\ntahap implementasi, penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Rawa Pitu \r\nkelas IX yang berjumlah 26 Siswa. Teknik atau alat pengumpulan data pada\r\ntahap ini menggunakan angket, lembar validasi, lembar observasi, dan tes.\r\nProduk hasil pengembangan diberlakukan uji validasi, kepraktisan, dan \r\nefektivitas. 1. LKS hasil pengembangan dinyatakan valid yaitu dari data validasi \r\nisi sebesar 79,60% dengan kategori baik dan data validasi konstruk 81,74%\r\ndengan kategori sangat baik. 2. Hasil kepraktisan ditunjukkan dengan \r\nketerlaksanan pembelajaran diperoleh nilai 70,07% dengan katagori sedang dan \r\nberdasarkan respon siswa diperoleh nilai 80,75% tersmasuk respon siswa sangat \r\npositif terhadap LKS. 3. Hasil uji efektivitas ditunjukkan dengan nilai N-Gain\r\nkemampuan berpikir kritis 0,52 dengan katagori cukup efektif. Hasil ini \r\ndiperkuat dengan uji Paired Samples T-test antara pritest dan postest yang \r\ndiperoleh nilai signifikan sebesar 0,000 (< 0,05), yang berarti ada perbedaan \r\nyang signifikan antara nilai rata-rata hasil pretest dan posttest siswa. Dapat di \r\nsimpulkan bahwa LKS berbasis AR pada materi listrik dinamis hasil \r\npengembangan valid, praktis, dan efektif sehingga layak untuk digunakan \r\nsebagai bahan ajar.\r\nKata Kunci: Augmented Reality, Berpikir Kritis, Lembar Keguatan Siswa\r\nABSTRACT\r\nDEVELOPMENT OF STUDENT ACTIVITY SHEET (LKS) BASED \r\nAUGMENTED REALITY ON DYNAMIC ELECTRICITY MATERIALS\r\nTO STIMULATE STUDENT'S CRITICAL THINKING\r\nBy:\r\nRomy Desmara Fendi\r\nCritical thinking skills need to be stimulated in students because it has become a \r\n21st century human need. Preliminary studies show that students' critical thinking \r\nskills are still low so that learning is less effective. The purpose of this study is to \r\ndevelop an AR-based worksheet on dynamic electrical material that is valid, \r\npractical, and effective to stimulate students' critical thinking. This research and \r\ndevelopment uses the ADDIE model which consists of analysis, design, \r\ndevelopment, implementation, and evaluation. In the implementation phase, this \r\nresearch was carried out at SMP Negeri 2 Rawa Pitu class IX, which consisted of \r\n26 students. Techniques or data collection tools at this stage use questionnaires, \r\nvalidation sheets, observation sheets, and tests. The developed product is \r\nsubjected to validation, practicality, and effectiveness tests. 1. The developed LKS \r\nwas declared valid, namely from content validation data of 79.60% in the good \r\ncategory and 81.74% construct validation data in the very good category. 2. The \r\nresults of practicality are shown by the implementation of learning obtained a \r\nvalue of 70.07% in the medium category and based on student responses, a score \r\nof 80.75% is obtained, including a very positive student response to the LKS. 3. \r\nThe results of the effectiveness test are indicated by the N -Gain value of critical \r\nthinking skills of 0.52 with a fairly effective category. This result was \r\nstrengthened by the Paired Samples T-test between the pritest and posttest which \r\nobtained a significant value of 0.000 (<0.05), which means that there was a \r\nsignificant difference between the average scores of the students' pretest and \r\nposttest results. It can be concluded that AR-based worksheets on dynamic \r\nelectrical materials developed are valid, practical, and effective so that they are \r\nfeasible to be used as teaching materials.\r\nKeywords: Augmented Reality, Critical Thinking, Student Activity Sheet "^^ . "2021" . . . . . "Universitas Lampung"^^ . . . "FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, Universitas Lampung"^^ . . . . . . . . . "1723022003"^^ . "Romy Desmara Fendi"^^ . "1723022003 Romy Desmara Fendi"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) BERBASIS\r\nAUGMENTED REALITY PADA MATERI LISTRIK DINAMIS \r\nUNTUK MENSTIMULUS BERPIKIR KRITIS SISWA (File PDF)"^^ . . . "Abstrak - RoRe RDF88.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) BERBASIS\r\nAUGMENTED REALITY PADA MATERI LISTRIK DINAMIS \r\nUNTUK MENSTIMULUS BERPIKIR KRITIS SISWA (File PDF)"^^ . . . "TESIS tanpa pembahasan - RoRe RDF88.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) BERBASIS\r\nAUGMENTED REALITY PADA MATERI LISTRIK DINAMIS \r\nUNTUK MENSTIMULUS BERPIKIR KRITIS SISWA (File PDF)"^^ . . . "PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) BERBASIS\r\nAUGMENTED REALITY PADA MATERI LISTRIK DINAMIS \r\nUNTUK MENSTIMULUS BERPIKIR KRITIS SISWA (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) BERBASIS\r\nAUGMENTED REALITY PADA MATERI LISTRIK DINAMIS \r\nUNTUK MENSTIMULUS BERPIKIR KRITIS SISWA (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) BERBASIS\r\nAUGMENTED REALITY PADA MATERI LISTRIK DINAMIS \r\nUNTUK MENSTIMULUS BERPIKIR KRITIS SISWA (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) BERBASIS\r\nAUGMENTED REALITY PADA MATERI LISTRIK DINAMIS \r\nUNTUK MENSTIMULUS BERPIKIR KRITIS SISWA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) BERBASIS\r\nAUGMENTED REALITY PADA MATERI LISTRIK DINAMIS \r\nUNTUK MENSTIMULUS BERPIKIR KRITIS SISWA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) BERBASIS\r\nAUGMENTED REALITY PADA MATERI LISTRIK DINAMIS \r\nUNTUK MENSTIMULUS BERPIKIR KRITIS SISWA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) BERBASIS\r\nAUGMENTED REALITY PADA MATERI LISTRIK DINAMIS \r\nUNTUK MENSTIMULUS BERPIKIR KRITIS SISWA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) BERBASIS\r\nAUGMENTED REALITY PADA MATERI LISTRIK DINAMIS \r\nUNTUK MENSTIMULUS BERPIKIR KRITIS SISWA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) BERBASIS\r\nAUGMENTED REALITY PADA MATERI LISTRIK DINAMIS \r\nUNTUK MENSTIMULUS BERPIKIR KRITIS SISWA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) BERBASIS\r\nAUGMENTED REALITY PADA MATERI LISTRIK DINAMIS \r\nUNTUK MENSTIMULUS BERPIKIR KRITIS SISWA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) BERBASIS\r\nAUGMENTED REALITY PADA MATERI LISTRIK DINAMIS \r\nUNTUK MENSTIMULUS BERPIKIR KRITIS SISWA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) BERBASIS\r\nAUGMENTED REALITY PADA MATERI LISTRIK DINAMIS \r\nUNTUK MENSTIMULUS BERPIKIR KRITIS SISWA (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) BERBASIS\r\nAUGMENTED REALITY PADA MATERI LISTRIK DINAMIS \r\nUNTUK MENSTIMULUS BERPIKIR KRITIS SISWA (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) BERBASIS\r\nAUGMENTED REALITY PADA MATERI LISTRIK DINAMIS \r\nUNTUK MENSTIMULUS BERPIKIR KRITIS SISWA (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) BERBASIS\r\nAUGMENTED REALITY PADA MATERI LISTRIK DINAMIS \r\nUNTUK MENSTIMULUS BERPIKIR KRITIS SISWA (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #61540 \n\nPENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) BERBASIS \nAUGMENTED REALITY PADA MATERI LISTRIK DINAMIS \nUNTUK MENSTIMULUS BERPIKIR KRITIS SISWA\n\n" . "text/html" . . . "370 Pendidikan" . . . "530 Fisika" . .