TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints6156 UR - http://digilib.unila.ac.id/6156/ A1 - Sidik Aji Prayogo, 1013053087 Y1 - 2014/11/12/ N2 - Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IV Sulaiman SD Muhammadiyah Metro Pusat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode inquiry. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data adalah non tes dan tes. Alat pengumpul data adalah lembar observasi dan tes tertulis. Data dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode inquiry dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Persentase ketuntasan klasikal sikap percaya diri pada siklus I ?55,88%? kategori ?Sedang?, siklus II ?73,52%? kategori ?Tinggi?, dan siklus III ?85,29%? kategori ?Sangat Tinggi?. Persentase ketuntasan klasikal nilai pengetahuan pada siklus I ?61,76%? kategori ?Tinggi?, siklus II ?70,59%? kategori ?Tinggi?, dan siklus III ?88,24%? kategori ?Sangat Tinggi?. Persentase ketuntasan klasikal keterampilan berdiskusi pada siklus I ?58,82%? kategori ?Sedang?, siklus II ?73,53%? kategori ?Tinggi?, dan siklus III ?91,18%? kategori ?Sangat Tinggi?. PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN METODE INQUIRY PADA SISWA KELAS IV SULAIMAN SD MUHAMMADIYAH METRO PUSAT AV - restricted ER -