creators_name: Riyan Agustian, 1713043018 creators_id: riyanagustian10@gmail.com type: other datestamp: 2022-05-23 06:30:30 lastmod: 2022-05-23 06:30:30 metadata_visibility: show title: PENGGUNAAN APLIKASI TIKTOK DALAM PEMBELAJARAN TARI BEDANA PADA EKSTRAKURIKULER DI SMAN 13 BANDAR LAMPUNG ispublished: pub subjects: 306 full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan aplikasi Tiktok dalam pembelajaran tari Bedana pada ekstrakurikuler di SMAN 13 Bandar Lampung. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dan menggunakan teori sibernetik. Teori ini menekankan pada proses dan pengolahan informasi. Data diperoleh dari sumber data primer dan sekunder yang didapat dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan pengumpulan, reduksi, penyajian dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat tujuh langkah dalam melaksanakan pembelajaran, yaitu guru membuat video tutorial tari, guru mengunggah video tutorial tari melalui aplikasi Tiktok, siswa menerima tugas, siswa menirukan video tutorial yang diunggah guru melalui aplikasi Tiktok, siswa mengunggah tugas dari video tutorial tari, guru memberikan evaluasi melalui kolom komentar dan guru menilai video yang dibagikan siswa. Proses tersebut berjalan dengan baik dan mengalami peningkatan belajar, namun memiliki beberapa kendala seperti guru tidak bisa mengkondisikan kelas belajar dengan maksimal dan dalam pembelajarannya, guru tidak bisa mengoreksi secara langsung kesalahan yang dilakukan oleh siswa. Kata kunci: Aplikasi Tiktok, tari Bedana, Penggunaan. This study aims to describe the use of the Tiktok application in learning Bedana dance in extracurricular activities at SMAN 13 Bandar Lampung. The method used is a qualitative method and uses cybernetic theory. This theory emphasizes information processing. Data obtained from primary and secondary data sources obtained by observation, interviews, and documentation. Data analysis by collecting, reducing, presenting and verifying data. The results of this study indicate that there are seven steps in carrying out learning, namely the teacher makes dance tutorial videos, the teacher uploads dance tutorial videos through the Tiktok application, students receive assignments, students imitate the video tutorials uploaded by the teacher through the Tiktok application, students upload assignments from dance tutorial videos. , the teacher provides an evaluation through the comments column and the teacher assesses the videos shared by students. The process went well and experienced an increase in learning, but had several obstacles such as the teacher could not condition the class to the maximum and in learning, the teacher could not directly correct the mistakes made by the students. Keywords: Tiktok application, Bedana dance, Usage. date: 2021 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: Riyan Agustian, 1713043018 (2021) PENGGUNAAN APLIKASI TIKTOK DALAM PEMBELAJARAN TARI BEDANA PADA EKSTRAKURIKULER DI SMAN 13 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/61606/1/ABSTRAK%20-%20Riyan%20Agustian.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/61606/2/SKRIPSI%20TANPA%20LAMPIRAN%20-%20Riyan%20Agustian.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/61606/3/SKRIPSI%20TANPA%20PEMBAHASAN%20-%20Riyan%20Agustian.pdf