<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA UJIAN \r\nPRAKTIK FISIKA TERSTANDAR UNTUK MENGUKUR \r\nHASIL BELAJAR SISWA\r\n"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian kinerja ujian \r\npraktik fisika terstandar yang valid, praktis, dan efektif. Desain pengembangan \r\nmenggunakan metode Research and Development dengan model pengembangan \r\nBorg & Gall, menggunakan 7 langkah pengembangan, yakni: (1) Research and \r\ninformation colletion; (2) Planning; (3) Product develop Preliminary; (4) \r\nPreliminary Field Testing; (5) Main Product Revision; (6) Main Field Testing; (7) \r\nOperational Product Revision. Validasi produk dilakukan oleh 3 orang ahli, \r\nsubjek uji coba kelompok kecil yaitu 30 siswa kelas X MIPA 1 SMAN 1 Seputih \r\nSurabaya dan subjek uji coba kelompok luas yaitu 90 siswa kelas X MIPA SMA 1 \r\nSeputih Surabaya. Hasil analisis data uji validasi menunjukan bahwa perangkat \r\ninstrumen penilaian kinerja ujian praktik fisika terstandar valid secara kontruksi, \r\nsubtansi dan bahasa dengan skor 86 %, respon kepraktisan produk oleh 4 Guru \r\nsebesar 85,7% kategori sangat tinggi, keefektifan dari hasil pepengamatan guru \r\nterhadap kinerja siswa yang meliputi 8 aspek penilaian yaitu Persiapan, \r\npelaksanaan, pengukuran, pengamatan, analisis, penulisan laporan, penarikan \r\nkesimpulan, serta presentasi hasil. Dengan skala penskoran 1- 4 berdasarkan \r\naspek yang muncul saat siswa melakukan kinerja ujian praktikum. Berdasarkan \r\nhasil dari ujian praktik yang dilakukan guru dalam mengamati kinerja siswa \r\ndiperoleh hasil rata-rata 2,85 atau 70% yang masuk dalam kategori sangat tinggi. \r\nTiap butir soal dinyatakan reliabel dengan skor Cronbach's Alpha instrumen \r\npenilaian kinerja sebesar 0,603. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa \r\ninstrumen penilaian kinerja ujian praktik fisika terstandar untuk mengukur hasil \r\nbelajar siswavalid, praktis, dan efektif.\r\nKata kunci: Instrumen Terstandar, Penilaian Kinerja, Hasil Belajar\r\niii\r\nABSTRACT\r\nDEVELOPMENT OF PERFORMANCE ASSESSMENT INSTRUMENTS \r\nFOR STANDARD PHYSICS PRACTICE EXAMS FOR MEASURING\r\nSTUDENT LEARNING OUTCOMES\r\nBy\r\nDIAN PURNOMO\r\nThis study aims to develop a valid, practical, and effective standardized physics \r\npractice test performance assessment instrument. The development design uses \r\nthe Research and Development method with the Borg & Gall development model, \r\nusing 7 development steps, namely: (1) Research and information collection; (2) \r\nPlanning; (3) Preliminary product development; (4) Preliminary Field Testing; \r\n(5) Main Product Revision; (6) Main Field Testing; (7) Operational Product \r\nRevision. Product validation was carried out by 3 experts, the subject of the small \r\ngroup trial was 30 students of class X MIPA 1 SMAN 1 Seputih Surabaya and the \r\nsubject of the broad group trial were 90 students of class X MIPA 1 Seputih \r\nSurabaya. The results of the validation test data analysis show that the \r\nstandardized physics practice test performance assessment instrument is valid in \r\nconstruction, substance and language with a score of 86%, the practicality \r\nresponse of the product by 4 teachers is 85.7% very high category, the \r\neffectiveness of the teacher's observations on student performance which includes \r\n8 aspects of the assessment, namely preparation, implementation, measurement, \r\nobservation, analysis, report writing, drawing conclusions, and presentation of \r\nresults. With a scoring scale of 1-4 based on aspects that arise when students \r\nperform practicum exam performance. Based on the results of the practical exam \r\nconducted by the teacher in observing student performance, an average result of \r\n2.85 or 70% was obtained which was included in the very high category. Each \r\nitem is declared reliable with a score of Cronbach's Alpha performance \r\nassessment instrument of 0.603. Thus, it can be concluded that the standardized \r\nphysics practice test performance assessment instrument to measure student \r\nlearning outcomes is valid, practical, and effective.\r\nKeywords : Instruments, Performance Assessment Standardized Practice Tests, \r\nLearning Outcomes "^^ . "2021" . . . . . "Universitas Lampung"^^ . . . "FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, Universitas Lampung"^^ . . . . . . . . . "1723022007"^^ . "Dian Purnomo"^^ . "1723022007 Dian Purnomo"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA UJIAN \r\nPRAKTIK FISIKA TERSTANDAR UNTUK MENGUKUR \r\nHASIL BELAJAR SISWA\r\n (File PDF)"^^ . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA UJIAN \r\nPRAKTIK FISIKA TERSTANDAR UNTUK MENGUKUR \r\nHASIL BELAJAR SISWA\r\n (File PDF)"^^ . . . "TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN - Dian Purnomo.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA UJIAN \r\nPRAKTIK FISIKA TERSTANDAR UNTUK MENGUKUR \r\nHASIL BELAJAR SISWA\r\n (File PDF)"^^ . . . "ABSTRAK - Dian Purnomo.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA UJIAN \r\nPRAKTIK FISIKA TERSTANDAR UNTUK MENGUKUR \r\nHASIL BELAJAR SISWA\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA UJIAN \r\nPRAKTIK FISIKA TERSTANDAR UNTUK MENGUKUR \r\nHASIL BELAJAR SISWA\r\n (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA UJIAN \r\nPRAKTIK FISIKA TERSTANDAR UNTUK MENGUKUR \r\nHASIL BELAJAR SISWA\r\n (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA UJIAN \r\nPRAKTIK FISIKA TERSTANDAR UNTUK MENGUKUR \r\nHASIL BELAJAR SISWA\r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA UJIAN \r\nPRAKTIK FISIKA TERSTANDAR UNTUK MENGUKUR \r\nHASIL BELAJAR SISWA\r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA UJIAN \r\nPRAKTIK FISIKA TERSTANDAR UNTUK MENGUKUR \r\nHASIL BELAJAR SISWA\r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA UJIAN \r\nPRAKTIK FISIKA TERSTANDAR UNTUK MENGUKUR \r\nHASIL BELAJAR SISWA\r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA UJIAN \r\nPRAKTIK FISIKA TERSTANDAR UNTUK MENGUKUR \r\nHASIL BELAJAR SISWA\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA UJIAN \r\nPRAKTIK FISIKA TERSTANDAR UNTUK MENGUKUR \r\nHASIL BELAJAR SISWA\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA UJIAN \r\nPRAKTIK FISIKA TERSTANDAR UNTUK MENGUKUR \r\nHASIL BELAJAR SISWA\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA UJIAN \r\nPRAKTIK FISIKA TERSTANDAR UNTUK MENGUKUR \r\nHASIL BELAJAR SISWA\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA UJIAN \r\nPRAKTIK FISIKA TERSTANDAR UNTUK MENGUKUR \r\nHASIL BELAJAR SISWA\r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA UJIAN \r\nPRAKTIK FISIKA TERSTANDAR UNTUK MENGUKUR \r\nHASIL BELAJAR SISWA\r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA UJIAN \r\nPRAKTIK FISIKA TERSTANDAR UNTUK MENGUKUR \r\nHASIL BELAJAR SISWA\r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA UJIAN \r\nPRAKTIK FISIKA TERSTANDAR UNTUK MENGUKUR \r\nHASIL BELAJAR SISWA\r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #61628 \n\nPENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA UJIAN \nPRAKTIK FISIKA TERSTANDAR UNTUK MENGUKUR \nHASIL BELAJAR SISWA \n\n\n" . "text/html" . . . "530 Fisika" . .