<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . "MAKNA KRITIK SOSIAL PADA LIRIK LAGU SECUKUPNYA DAN \r\nMEMBASUH DALAM ALBUM MENARI DENGAN BAYANGAN \r\nKARYA HINDIA\r\n(Analisis Semiotika Michael Riffaterre)\r\n"^^ . "Musik telah berkembang menjadi sebuah perilaku sosial yang kompleks dan\r\nuniversal, di mana setiap masyarakat memiliki apa yang disebut dengan musik. \r\nSeorang musisi mempunyai kekuatan untuk berbicara melalui karya musiknya \r\nsebagai kompas moral yang bisa dibagikan ke khalayak luas. Solois\r\nHindia, melakukan debut solonya pada tahun 2019 mendapat banyak sorotan \r\ndengan karya lagunya yang kental dengan kehidupan sosial dan nilai-nilai \r\nkemanusiaan. Melalui penelitian ini, peneliti bertujuan untuk mengetahui makna \r\nkritik sosial dalam lirik lagu Secukupnya dan Membasuh karya Hindia. Dalam \r\nmelakukan analisis makna lirik lagu, peneliti menggunakan teori semiotika model \r\nMichael Riffatrre untuk memunculkan signifikansi (makna) lagu secara utuh. Hasil \r\npenelitian yang dapat disimpulkan dalam penelitian ini adalah Hindia sebagai \r\npenyanyi dan pencipta lagu melakukan kritik terhadap persoalan sosial-budaya, \r\nnorma, nilai-nilai kemanusiaan, dan disorganisasi keluarga. Melalui lagu \r\nSecukupnya Hindia juga mengajak untuk menerima rasa kecewa atas sebuah \r\nkegagalan. Sedangkan lewat lagu Membasuh, selain lirik lagu yang sarat akan \r\nmakna kritik, Hindia menyampaikan makna lagu dengan dalam secara simbolik. \r\nKata kunci: Musik, Kritik Sosial, Semiotika Michael Riffaterre, Hindia \r\nABSTRACT\r\nTHE MEANING OF SOCIAL CRITICISM IN SONG LYRICS OF \r\nSECUKUPNYA AND MEMBASUH IN THE ALBUM OF \r\nMENARI DENGAN BAYANGAN BY HINDIA\r\n(Michael Riffaterre Semiotics Analysis)\r\nBy\r\nAzizah Nur Aulia\r\nMusic has developed into a complex and universal social behavior, where every \r\nsociety has what is called music. A musician has the power to speak through his \r\nmusical works as a moral compass that can be shared with a wide audience. Soloist \r\nHindia, making his solo debut in 2019 received a lot of attention with his song work \r\nwhich is thick with social life and human values. Through this research, the \r\nresearcher aims to find out the meaning of social criticism in the lyrics of the song \r\n\"Secukupnya\" and \"Membasuh\" by the Hindia. In analyzing the meaning of song \r\nlyrics, the researcher uses the semiotic theory of Michael Riffatrre's model to bring \r\nout the significance (meaning) of the song as a whole. The results of this study that \r\ncan be concluded in this study are Hindias as a singer and songwriter criticizes \r\nsocio-cultural issues, norms, human values, and family disorganization. Through \r\nthe song Secukupnya, Hindias, he also invites to accept the feeling of \r\ndisappointment over a failure. Meanwhile, through the song Membasuh, in addition \r\nto the lyrics of the song which are full of critical meanings, Indies conveys the \r\nmeaning of the song symbolically.\r\nKeywords: Music, Social Criticism, Michael Riffaterre's Semiotics, Hindia"^^ . "2021" . . . . . "FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK"^^ . . . . . . . "1716031012"^^ . "Azizah Nur Aulia"^^ . "1716031012 Azizah Nur Aulia"^^ . . . . . . "MAKNA KRITIK SOSIAL PADA LIRIK LAGU SECUKUPNYA DAN \r\nMEMBASUH DALAM ALBUM MENARI DENGAN BAYANGAN \r\nKARYA HINDIA\r\n(Analisis Semiotika Michael Riffaterre)\r\n (File PDF)"^^ . . . "ABSTRAK - Aziz Zah.pdf"^^ . . . "MAKNA KRITIK SOSIAL PADA LIRIK LAGU SECUKUPNYA DAN \r\nMEMBASUH DALAM ALBUM MENARI DENGAN BAYANGAN \r\nKARYA HINDIA\r\n(Analisis Semiotika Michael Riffaterre)\r\n (File PDF)"^^ . . . "MAKNA KRITIK SOSIAL PADA LIRIK LAGU SECUKUPNYA DAN \r\nMEMBASUH DALAM ALBUM MENARI DENGAN BAYANGAN \r\nKARYA HINDIA\r\n(Analisis Semiotika Michael Riffaterre)\r\n (File PDF)"^^ . . . "SKRIPSI FULL TANPA PEMBAHASAN rev - Aziz Zah.pdf"^^ . . . "MAKNA KRITIK SOSIAL PADA LIRIK LAGU SECUKUPNYA DAN \r\nMEMBASUH DALAM ALBUM MENARI DENGAN BAYANGAN \r\nKARYA HINDIA\r\n(Analisis Semiotika Michael Riffaterre)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "MAKNA KRITIK SOSIAL PADA LIRIK LAGU SECUKUPNYA DAN \r\nMEMBASUH DALAM ALBUM MENARI DENGAN BAYANGAN \r\nKARYA HINDIA\r\n(Analisis Semiotika Michael Riffaterre)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "MAKNA KRITIK SOSIAL PADA LIRIK LAGU SECUKUPNYA DAN \r\nMEMBASUH DALAM ALBUM MENARI DENGAN BAYANGAN \r\nKARYA HINDIA\r\n(Analisis Semiotika Michael Riffaterre)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "MAKNA KRITIK SOSIAL PADA LIRIK LAGU SECUKUPNYA DAN \r\nMEMBASUH DALAM ALBUM MENARI DENGAN BAYANGAN \r\nKARYA HINDIA\r\n(Analisis Semiotika Michael Riffaterre)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "MAKNA KRITIK SOSIAL PADA LIRIK LAGU SECUKUPNYA DAN \r\nMEMBASUH DALAM ALBUM MENARI DENGAN BAYANGAN \r\nKARYA HINDIA\r\n(Analisis Semiotika Michael Riffaterre)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "MAKNA KRITIK SOSIAL PADA LIRIK LAGU SECUKUPNYA DAN \r\nMEMBASUH DALAM ALBUM MENARI DENGAN BAYANGAN \r\nKARYA HINDIA\r\n(Analisis Semiotika Michael Riffaterre)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "MAKNA KRITIK SOSIAL PADA LIRIK LAGU SECUKUPNYA DAN \r\nMEMBASUH DALAM ALBUM MENARI DENGAN BAYANGAN \r\nKARYA HINDIA\r\n(Analisis Semiotika Michael Riffaterre)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "MAKNA KRITIK SOSIAL PADA LIRIK LAGU SECUKUPNYA DAN \r\nMEMBASUH DALAM ALBUM MENARI DENGAN BAYANGAN \r\nKARYA HINDIA\r\n(Analisis Semiotika Michael Riffaterre)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "MAKNA KRITIK SOSIAL PADA LIRIK LAGU SECUKUPNYA DAN \r\nMEMBASUH DALAM ALBUM MENARI DENGAN BAYANGAN \r\nKARYA HINDIA\r\n(Analisis Semiotika Michael Riffaterre)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "MAKNA KRITIK SOSIAL PADA LIRIK LAGU SECUKUPNYA DAN \r\nMEMBASUH DALAM ALBUM MENARI DENGAN BAYANGAN \r\nKARYA HINDIA\r\n(Analisis Semiotika Michael Riffaterre)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "MAKNA KRITIK SOSIAL PADA LIRIK LAGU SECUKUPNYA DAN \r\nMEMBASUH DALAM ALBUM MENARI DENGAN BAYANGAN \r\nKARYA HINDIA\r\n(Analisis Semiotika Michael Riffaterre)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "MAKNA KRITIK SOSIAL PADA LIRIK LAGU SECUKUPNYA DAN \r\nMEMBASUH DALAM ALBUM MENARI DENGAN BAYANGAN \r\nKARYA HINDIA\r\n(Analisis Semiotika Michael Riffaterre)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "MAKNA KRITIK SOSIAL PADA LIRIK LAGU SECUKUPNYA DAN \r\nMEMBASUH DALAM ALBUM MENARI DENGAN BAYANGAN \r\nKARYA HINDIA\r\n(Analisis Semiotika Michael Riffaterre)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "MAKNA KRITIK SOSIAL PADA LIRIK LAGU SECUKUPNYA DAN \r\nMEMBASUH DALAM ALBUM MENARI DENGAN BAYANGAN \r\nKARYA HINDIA\r\n(Analisis Semiotika Michael Riffaterre)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "MAKNA KRITIK SOSIAL PADA LIRIK LAGU SECUKUPNYA DAN \r\nMEMBASUH DALAM ALBUM MENARI DENGAN BAYANGAN \r\nKARYA HINDIA\r\n(Analisis Semiotika Michael Riffaterre)\r\n (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #61643 \n\nMAKNA KRITIK SOSIAL PADA LIRIK LAGU SECUKUPNYA DAN \nMEMBASUH DALAM ALBUM MENARI DENGAN BAYANGAN \nKARYA HINDIA \n(Analisis Semiotika Michael Riffaterre) \n\n\n" . "text/html" . . . "384 Komunikasi, telekomunikasi" . .