@misc{eprints61653, title = {PENGARUH DISPOSISI MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA PEMBELAJARAN DARING (Studi pada Siswa Kelas XI MIPA MAN 1 Pesawaran Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021)}, author = {1713021023 Salsabila Rahmatika}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2021}, url = {http://digilib.unila.ac.id/61653/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disposisi matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran daring. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA MAN 1 Pesawaran semester genap tahun pelajaran 2020/2021 yang terdistribusi ke dalam 4 kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 2 dan XI MIPA 3 sebanyak 62 siswa yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian korelasional. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dari pengisian angket disposisi matematis dan tes kemampuan pemecahan masalah. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier sederhana dengan {\ensuremath{\alpha}} = 0,05. Kesimpulan dari penelitian ini adalah disposisi matematis memiliki pengaruh positif yang kuat terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran daring, dengan persamaan regresi sampel Y = ?9,268 + 0,297X yang artinya semakin tinggi disposisi matematis siswa pada pembelajaran daring maka kemampuan pemecahan masalah siswa juga akan semakin tinggi. Kata kunci: disposisi matematis, kemampuan pemecahan masalah, pembelajaran daring } }